Pemkab Trenggalek Fokus Penanganan Pedagang Terdampak Kebakaran

Trenggalek - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) memastikan segera merelokasi ratusan pedagang Pasar Pon pascakebakaran hebat dini hari tadi, sehingga bisa kembali melakukan aktivitas perdagangan. 

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Trenggalek, Pariyo, mengatakan lokasi relokasi ini sesuai dengan perencanaan yang dilakukan jauh hari sebelumnya, yakni dengan memanfaatkan bekas kantor Dispendukcapil, terminal MPU serta di sekitar Pasar Basah. 

"Relokasi ini kami usahakan akan inklud dengan rencana relokasi untuk pembangunan pasar sebelumnya. Sudah ada leading sektor yang menangani, hari ini kami buka posko dan besok sudah bisa dimulai," kata Pariyo, Sabtu (25/8/2018) di Gedung Bhawarasa Trenggalek. 

Dijelaskan, sesuai dengan perencanaan pembangunan pasar, proses reloksi para pedagang telah dianggarkan dalam APBD 2018 senilai Rp600 juta. Namun karena lokasi relokasi masih belum siap 100 persen, maka sebagian akan ditempatkan di sirip jalan. 

Pariyo menjelaskan, dari data di Pemkab Trenggalek, jumlah kios Pasar Pon mencapai 703 unit, sebagian besar diantaranya ludes terbakas. Sedangkan kios yang tidak ikut terbakar hanya beberapa unit yang berada di bagian selatan pasar. 

"Kerugian juga belum tahu, saat ini kami masih fokus pada penanganan para pedagang sehingga bisa kembali beraktivitas, sedangkan terkait penyebab kebakaran, kami serahkan langsung ke pihak kepolisian," ujarnya. 

Sementara itu Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo Saputra, menegaskan pihaknya langssung turun tangan untuk menangani kasus kebakaran tersebut. Saat ini polisi telah memasang garis polisi di seluruh lokasi pasar yang terbakar. 

Rencananya Polisi juga akan melakukan proses penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran. Dalam proses ini Polres Treggalek juga akan meminta bantuan tim Laboratorium Forensik (Lapfor) Polda Jatim. 

"Secepatnya akan kami lakukan proses penyelidikan, kami juga sudah menghubungi Labfor," kata Didit. 




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon