Pohon Tumbang Tutup Jalan Nasional Trenggalek, Jaringan Listrik Terganggu

Trenggalek - Peristiwa pohon tumbang di ruas jalan nasional di Trenggalek kembali terjadi, akses utama Trenggalek-Pacitan sempat tersendat. 

Kapolsek Suruh, AKP I Wayan Sumantra, mengatakan peristiwa pohon tumbang tersebut terjadi di Desa/Kecamatan Suruh. Pohon sono yang berada di pekarangan warga tiba-tiba roboh dan menutup seluruh badan jalan serta menimpa jaringan kabel PLN.

"Kejadiannya tadi malam, saat kejadian itu kondisi cuaca sedang cerah atau tidak hujan. Pohon itu tiba-tiba roboh karena memang kondisi di bawah itu ternyata sudah lapuk," kata Wayan, Rabu (8/1/2020). 

Menurutnya pascatumbanhnya pohon tersebut tim gabungan BPBD, TNI, Polri dan masyarakat melakukan upaya pembersihan dengan memotong batang pohon dan menyingkirkan dari badan jalan. 

"Akses jalan sempat tertutup sekitar tiga jam, namun pukul 23.20 sudah berhasil dilalui dan kembali normal," ujarnya. 

Wayan memastikan peristiwa itu tidak sampai menimbulkan korban luka maupun jiwa.

Sementara itu, Manajer PLN Trenggalek, Zanuar, mengatakan dampak pohon tumbang di ruas jalan nasional tersebut sempat menganggu pasokan listrik terhadap ribuan pelanggan di Kecamatan Suruh dan Dongko. 

"Tim kami langsung ke lokasi kejadian untuk melakukan normalisasi, sekitar jam setengah dua belas malam pasokan listrik sudah normal kembali," kata Zanuar. 

Pihaknya mengakui, potensi gangguan listrik akibat pohon tumbang cukup tinggi, terutama di kawasan pegunungan. Untuk meminimalisir kejadian serupa, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait mengimbau masyarakat yang pohonnya berada di dekat jaringan kabel listrik PLN untuk melakukan pemotongan lebih awal. 

"Saya di sini masih baru, tapi sudah sempat keliling di beberapa titik memang potensi pohon tumbang ini relatif tinggi. Selain mengimbau masyarakat kami juga melakukan kegiatan rutin pemeliharaan jaringan termasuk pengeprasan pohon yang di dekat kabel PLN," imbuhnya. 

Sebelumnya pohon tumbang di ruas jalan nasional juga sempat terjadi di Kecamatan Tugu dan menimpa seorang pengendara sepeda motor yang melintas. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon