Terima Kotak Suara Kardus, KPU Trenggalek Beri Perlakuan Khusus

Trenggalek - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Trenggalek menerima distribusi belasan ribu kotak suara kardu untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Proses penyimpanan kotak kardus itu mendapat perlakuan khusus sehingga tidak sampai megalami kerusakan. 

Komisioner KPu Trenggalek, Gembong Derita Hadi, mengatakan proses seluruh kotak suara yang diterima langsung disimpan di Gedung Serbaguna Kelurahan Tamanan, Kecamatan Trenggalek.

Dalam proses penyimpanan ini pihaknya lebih berhati-hati, mengingat seluruh logistik tersebut berbahan dasar kardus, sehingga rentan mengalami kerusakan. Berbagai prosedur diterapkan dalam mengamankan kotak suara. 

"Kami pastikan tempat ini aman dari kebocoran air hutan, kemudian pada bagian lantai kami lapisi dengan kayu agar tidak kontak langsung dengan lantai, sedangkan untuk angin-angin jendela itu nanti akan kami tutup, sehingga kalau hujan tidak sampai tembus ke dalam," kata Gembong, Senin (5/11/2018). 

KPU memastikan saat ini seluruh kebutuhan kotak suara Pemilu 2019 telah diterima. Hingga hari ini pihaknya menerima 12.807 unit dari total kebutuhan 12.715 kotak suara. Distibusi logistik tersebut dilakukan KPU Pusat dalam dua tahap. 

"Totalnya itu ada lima kontainer, sedangkan pengirimannya tahap pertama itu ada tiga kotaier dan hari ini dua kontainer. Dari total kebutuhan itu tersisa 93 unit, ini untuk mengantisipasi ketiga ada kerusakan," jelasnya. 

Gembong menjelaskan belasan ribu kotak suara tersebut, 12.560 diantaranya akan digunakan untuk 2.512 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan rincian masing-masing TPS mendapatkan alokasi lima unit. Sedangkan 154 digunakan pada tingkatan PPK  dan satu unit untuk tingkat KPU. 

"Ini merupakan pengalaman pertama menggunakan kotak suara kardus, tentu nanti kami akan lebih berhati-hati, jangan sampai mengalami kerusakan pada saat pengiriman maupun saat penggunaan pungut hitung suara," jelas Gembong. 

Pemilihan Umum Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan DPD di Trenggalek akan digelar di 2.512 TPS yang tersebar di 157 desa dan kelurahan. Sementara itu dalam tahapan pemilu, saat ini KPU setempat tengah melakukan proses penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP). 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon