Tepis Isu Harga Mahal, Relawan AyoJo Gelar Fastival Masak Ibu-ibu

Trenggalek - Relawan AyoJo wilayah Mataraman menggelar festival masak ibu-ibu, aksi dilakukan sebagai jawaban atas isu kenaikan harga bahan pokok. Tak sekedar memasak, pra peserta juga diwajibkan berbelanja di pasar tradisional terdekat. 

Ketua Relawan AyoJo Trenggalek Sucipto, mengatakan kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Desa/Kecamatan Dongko tersebut diikuti oleh puluhan ibu-ibu tersebut berlangsung meriah dan antusias. 

Sebelum lomba berlangsung, panitia memberikan modal Rp200 ribu rupiah kepada para peserta yang selanjutnya diminta untuk berbelanja seluruh kebutuhan untuk memasak, mulai dari sayur hingga bahan lauk pauk. 

"Kami merasa kabar hoax atau berita bohong akhir-akhir ini makin meresahkan, termasuk salah satunya soal harga di Pasar. Jadi kami ingin membuktikan kalau dengan modal terbatas masih bisa untuk belanja macam-macam di pasar dan juga bisa untuk makan bareng," ujar Koordinator Kabupaten (Korkab) AyoJo Trenggalek, Sucipto, Minggu (21/10/2018) melalui siaran persnya. 

Dijelaskan selain untuk mengedukasi masyarakat tentang fakta harga-harga kebutuhan pokok di pasar tradisional, pihaknya juga memberikan para ibu rumah tangga tersebut menunjukkan kreativitas dan keahlian dalam mengolah masakan. 

"Karena selain dari rasa masakan yang dihasilkan, juga dinilai dari siapa kelompok dengan jurus belanja paling ampuh. Artinya dengan modal terbatas yang diberikan, dapat terlihat siapa kelompok yang paling banyak mendapatkan bahan baku masakan," ujar Sucipto. 

Menurutnya, kreativitas para ibu-ibu di wilayah pedesaan tersebut baik, bahkan masakan yang disajikan memiliki cita rasa yang khas dan nikmat. Diharapkan dengan lomba tersebut juga sekaligus memupuk kebersamaan diantara masyarakat, khususunya para ibu rumah tangga. 

Sementara itu salah seorang peserta mengaku senang dengan kegiatan memasak tersebut, karena sebegai salah satu bentuk apresiasi kepada ibu rumah tangga. Selain itu juga bisa menumbuhkan kecintaan masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional. 

"Kita juga membuktikan kalau dengan modal uang 200 ribu, bisa jadi macam-macam masakan dengan porsi yang banyak. Ada ikan, ayam, daging," ujar Ina, salah satu peserta festival masak.

Setelah rangkaian Festival Masak selesai, Relawan AyoJo Mataraman akan mengadakan acara lanjutan yang berkaitan dengan bidang pertanian dan kesehatan di sekitar 20 titik yang tersebar di 6 wilayah Kabupaten/Kota Jawa Timur pada bulan November-Desember 2018.

AyoJo Mataraman sendiri adalah relawan yang berada di 6 wilayah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, yakni Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Trenggalek dan Pacitan. Relawan AyoJo berpusat di Jakarta dan telah memutuskan untuk mendukung pasangan Joko Widodo- Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden 2019.

foto : istimewa

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon