Pemkab Trenggalek Kirim Bantuan Peduli Palu



Trenggalek - Pemerintah Kabupaten Trenggalek mengirimkan bantuan logistik  tunai untuk para korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Distribusi bantuan diangkut menggunakan empat kendaraan.

Kepala Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak (P3A) Trenggalek Ratna Sulistyowati, mengatakan bantuan yang dikirimkan tersebut merupakan barang-barang yang sangat dibutuhkan oleh para korban bencana.

"Kami sudah koordinasi dengan posko Jawa Timur yang ada di Palu, ternyata ada beberapa barang yang sangat dibutuhkan, mulai dari terpal atau tenda, kemudian bahan makanan dan kebutuhan anak-anak maupun bayi," kata Ratna, Rabu (24/10/2018).

Menurutnya dari daftar kebutuhan pokok itu pihaknya mengirimkan beberapa jenis barang diantaranya 3,27 ton beras, 360 karton air mineral,  terpal 101 lembar, perlengkapan mandi 600 set serta seragam sekolah.

"Kami juga kirimkan baju layak pakai 110 karton, nah khusus baju layak pakai itu sudah kami sortir sehingga benar-benar layak, kemudian ada juga susu bayi, pakaian dalam dan bahan makan lainnya," ujarnya.

Menurutnya, bantuan tersebut berasal dari berbagai lapisan masyarakat, mulai PNS, sekolah dan kelompok masyarakat. Bantuan yang dikirim ke dinas sosial sebelumnya berupa barang serta uang tunai. Khusus bantuan uang tunai yang terkumpul di dinas sosial sebanyak Rp. 156.892.700 diwujudkan berupa barang-barang kebutuhan.

Ratna menambahkan, selain bantuan logistik pihaknya juga mengirimkan 10 orang petugas dari dinas sosial untuk membantu proses pemulihan para korban bencana gempa bumi dan tsunami. "Mereka nanti akan bergabung dengan tim Dinas Sosial Jawa Timur, nanti akan dibagi ke daerah-daerah yang membutuhkan," imbuh Ratna Sulistyowati.

Sementara itu Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak, mengapresiasi sikap empati yang ditunjukkan oleh seluruh lapisan masyarakat, karena dengan kerelaanya sehingga mampu meringankan beban para korban gempa bumi maupun tsunami.

"Ini adalah inisiatif bersama. Kegiatan ini tentunya terdapat makna filosofis bagi masyarakat Trenggalek, bukan hanya sekedar mengirim barang, melainkan kita mendukung, memfasilitasi nilai-nilai yang luhur dari masyarakat Trenggalek," kata Emil. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon