Ramadan, Harga Telur dan Bawang Merah di Trenggalek Tinggi


Trenggalek - Harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok di Trenggalek mengalami kenaikan, lonjakan tertinggi terjadi pada telur ayam dan bawang merah. Sedangkan untuk kebutuhan lain masih relatif stabil.

Di Pasar Basah Trenggalek, telur ayam ras rata-rata dijual Rp25 ribu rupiah/kilogram atau naik Rp5.000 dari harga semula yang hanya berkisar pada Rp20 ribu/kilogram. Kenaikan serupa juga dialami oleh telur puyuh, dari harga semula Rp22 ribu/kilogram kini naik menjadi Rp26 ribu/kilogram.

"Sedangkan untuk kebutuhan lain yang juga ikut naik adalah bawang merah, untuk kualitas super harganya Rp30 ribu/kilogram, sedangkan kualitas sedang Rp28 ribu/kilogram," kata salah seorang pedagang Sumarlin, Jumat (18/5/2018).

Menurutnya kenaikan harga telur dan bawang merah tersebut terjadi hampir dua pekan terakhir, pihaknya tidak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan itu, karena pasokan barang dari distributor tidak mengalami masalah. "Kalau telur itu barangnya selalu ada, hanya saja harganya naik," ujarnya.

Sementara itu pedagang lain Siti, mengatakan untuk kenaikan harga pada bulan Ramadan ini hanya terjadi pada beberapa komoditas saja, sedangkan kebutuhan lain masih relatif stabil.

"Bawang putih pada kisaran Rp18 ribu/kilogram, cabai merah besar Rp30/kilogram, kalau cabai rawit merah harganya Rp20 ribu, jadi masih stabil," kata Siti.

Dijelaskan, memasuki bulan puasa ini animo masyarakat untuk berbelanja ke pasar tradisional mengalami peningkatan dibanding hari-hari biasa. Peningkatan kunjungan mencapai lebih dari 100 persen. "Ya Alhamdulillah ini cukup ramai, kalau hari-hari biasa sepi sekali," ujarnya. (Am)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon