RATUSAN HEKTARE TANAMAN PADI DI TRENGGALEK TERSERANG HAMA WERENG


KBR68H, Trenggalek, 10/3 - Ratusan hektare tanaman padi di 11 kecamatan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur terserang hama wereng, akibatnya para petani setempat terancam gagal panen. 

Kepala Dinas Pertanian  Kehutanan dan Perkebuhan (Disperhutbun)  Kabupaten Trenggalek Joko Surono, Senin (10/3) mengatakan, dari sebelas kecamatan tersebut wilayah paling parah berada di kecamatan Gandusari dengan luasan mencapai 115 hektare serta kecamatan Pogalan sebanyak 45 hektare.

Untuk mengatasi serangan hama wereng coklat tersebut, dinas pertanian melakukan gerakan "Spot Stop" atau melakukan pembasmian pada kawasan yang terserang.  

"Di Trenggalek saat ini ada serangan wereng sejumlah 218 hektare, kemudian  ada 1.072 hektare (tanaman padi) yang ikut terancam. Terkait ini kami sudah mengendalikan sekitar 128 hektare,"  kata Joko Saat ditemui di kantornya. 

Joko mengakui saat ini jumlah area tanaman padi yang terancam serangan wereng mencapai lebih dari 1000 hektare. Pihaknya berharap, masyarakat untuk segera melapor ke dinas pertanian apabila terjajdi serangan wereng. 

Lanjut dia , Dinas Pertanian Trenggalek meramalkan, pada bulan Juni mendatang bakal terjadi ledakan kasus hama wereng. Hal ini di dasarkan pada kondisi cuaca serta pengamata terhadap perkembangan hama di beberapa kecamatan.  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon