Banjir Terjang Enam Desa Di Trenggalek

Trenggalek, 25/12 - Ratusan rumah di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur terendam banjir setelah terjadi hujan deras selama lebih dari enam jam.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, Suprapto, Rabu mengatakan, banjir kali ini terjadi di enam desa yang ada di dua kecamatan.

"Untuk Kecamatan Pangggul ada empat desa yakni Nglebeng, Kertosono, Wonocoyo dan Bodag. Sedangkan untuk Kecamatan Trenggalek di Kelurahan Tamanan dan Kelutan," katanya.

Dijelaskan, genangan banjir di wilayah Panggul mulai terjadi pukul 08.30 WIB dengan ketinggian air mencapai lebih dari satu meter. Akibatnya aktifitas perekonomian sebagian warga lumpuh total.

"Kalau untuk wilayah kota masih relatif aman, karena di Tamanan itu ketinggianya tidak sampai satu meter dan sekarang sudah mulai surut," ujarnya.

Kata dia, banjir di wilayah pesisir selatan Trenggalek terjadi akibat meluapnya sejumlah sungai karena tidak mampu menampung air hujan.

Selain itu, luapan air tersebut juga diperparah oleh naiknya permukaan laut (pasang). Hal itu mengakibatkan kondisi banjir tidak segera surut.

Lanjut Suprapto, selain bencana banjir, BPBD Trenggalek juga menerima laporan adanya dua rumah roboh, masing-masing di Desa Kertosono, Kecamatan Panggul dan satu rumah di wilayah Kecamatan Pule.

"Petugas kami masih melakukan pengecekan ke lokasi, untuk mengetahui secara pasti kondisi yang ada. Yang jelas untuk satu rumah di Kecamatan Pule itu karena tanah longsor," imbuhnya.

Mantan Direktur PDAM Trenggalek ini menambahkan, jalur utama Trenggalek-Pacitan sempat terputus beberapa akibat tertimbun tanah longsor.

Timbunan material longsor itu terjadi di tanjakan 17 persen di Kecamatan Suruh.

"Kalau longsor di 17 persen ini sering terjadi, hal tersebut adalah dampak dari proyek pengeprasan tebing," katanya.

Sementara itu, Kepala pelaksana BPBD Trenggalek, Joko Rusianto mengaku akan segara meminta bantuan logistik ke BPBD Propinsi Jatim. Mengingat saat ini dana tanggap darurat di institusinya telah habis.

"Saat ini yang punya logistik BPBD propinsi, kemungkinan besok atau lusa logistik untuk korban banjir sudah datang akan segera kami distribusikan," jelasnya.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon