LONGSOR DI TRENGGALEK AKIBAT PENAMBANGAN BATU KALI

Trenggalek, 16/2 - Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menduga penyebab longsornya tiga rumah di bantaran sungai Nglinggis kecamatan Tugu akibat dari penambangan batu kali secara besar-besaran oleh warga sekitar.

Kepala Bidang Pengairan, Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Trenggalek, Juwari Purna mengatakan, pengambilan batu kali tersebut menyebabkan arus sungai menjadi deras sehingga mudah mengikis tebing yang ada dibantaran sungai.

"Itu memang penyebabnya  karena banyaknya batu-batu diambili,  itulah yang menyebabkan kerawanan, tapi ya mau bagaimana lagi terserah kebijakan pimpinan nanti seperti apa. kalau upaya kami akan mengamankan tebing-tebing itu dengan bronjong," kata Juwari Purna.

Juwari Purna  mengaku, pihaknya tidak bisa berbuat banyak terkait aktifitas pengambilan batu kali tersebut, karena selama sudah menjadi mata pencaharian warga sekitar.

Dinas Binamarga dan Pengairan berencana melakukan survei di sepanjang bantaran sungai Nglinggis dan membangun bronjong untuk menahan tebing.  

Sebelumnya tebing setinggi 10 meter dengan panjang lebih dari 50 meter longsor, akibatnya tiga rumah yang ada diatasnya ikut terbawa longsor hingga kedasar sungai. 21 warga yang menghuni rumah tersebut terpaksa mengungsi ke rumah tetangga. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon