Tahun Ini, 432 PNS Trenggalek Pensiunan

foto : dok humas 

Trenggalek - Pemkab Trenggalek dipastikan akan kehilangan ratusan pegawai pada tahun 2019. Sebab 432 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari berbagai instansi akan memasuki masa pensiun. 

Plh Bupati Trenggalek, Joko Irianto, mengatakan  masa pensiun ratusan abdi negara tersebut dibagi menjadi empat tahap. Pada tahap empat atau periode terakhir tahun ini, pihaknya menyerahkan SK pensiun kepada 105 PNS, terdiri 1 orang pejabat tinggi pratama, 23 orang pejabat administrasi dan 81 orang pejabat fungsional , mulai dari guru, penyuluh pertanian dan tenaga kesehatan. 

"Pensiun pasti akan dialami oleh semua PNS, makanya perlu kita mempersiapkan sejak dini untuk menghadapinya," kata Joko saat penyerahan SK pensiun di Pendapa Manggala Praja Nugraha, Senin (16/9/2019). 

Pihaknya berharap meskipun telah pensiun, mereka tetap berkarya sesuai dengan keahlian dan minat masing-masing, sehingga masa tua bisa diisi dengan hal tang produktif dan bermanfaat. 

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Trenggalek, Pariyo, mengatakan adanya pensiun tersebut berdampak pada kekurangan jumlah pegawai di lingkup Pemkab Trenggalek. Untuk menyiasatinya, pihaknya melakukan sejumlah strategi, mulai dari maksimalisasi tenaga yang ada, rekrutmen tenaga penunjang. 

"Pensiun setiap tahun akan terjadi, tahun ini ada 432, otomatis kekurangan pegawai akan terjadi. Nah untuk itu, kalau terkait pegawai dari petugas kebersihan dan penjaga sekolah kami beranikan diri untuk merekrut tenaga penunjang," kata Pariyo. 

Sedangkan untuk tenaga administrasi yang tidak bisa diisi oleh tenaga penunjang pihaknya meminta masing-masing kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan optimalisasi terhadap pegawai yang ada. Sehingga kinerja pemerintah tetap berjalan normal. 

"Selain itu kami juga tengah mengusulkan formasi CPNS dan tenaga PPPK ke pemerintah pusat, semoga bisa dilakukan rekrutmen tahun ini. Karena apabila tidak ada rekrutmen jumlah kekurangan pegawai akan semakin banyak," imbuhnya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon