Tanah Retak Ancam Dua Rumah Warga Ngrencak


Trenggalek - Dua rumah warga di Kecamatan Panggul, Trenggalek rusak akibat terdampak pergerakan tanah. Beberapa dinding rumah dan lantai retak hingga sehingga kondisinya membahayakan. 

Retakan tanah tersebut terjadi di rumah milik Nur Kholiq dan Mislan di Dusun Wonogondo, Desa Ngrencak, Kecamatan Panggul, Trenggalek. Rumah Mislan mengalami retak pada dinding bagian depan dengan lebar mencapai 10 sentimeter.

"Kemudian dinding kamar retak 1 sentimeter dan dinding dapur retak sekitar 5 sentimeter," kata salah seorang anggoat Koramil Panggul, Serma Puryanto, Senin (29/1/2018). 

Sementara itu retakan di rumah milik Nur Kholiq, terjadi pada dinding dan lantai. Pondasi yang ada di rumah tersebut juga ambles hingga 10 sentimeter. Saat dilakukan pengukuran, kedalaman retakan di lantai rumah mencapai lebih dari satu meter.

"Saya dan tim dari BPBD sudah ke lokasi untuk melihat kondisinya," ujarnya. 


Menurutnya, tanda-tanda retakan tanah ini sudah ada sejak dua hari yang lalu. Sebelum terjadi retakan-retakan pada dinding dan tanah, wilayah Kecamatan diguyur hujan deras selama beberapa jam. Dampaknya, tanah menjadi labil dan mengalami pergerakan tanah.  

Terkait kondisi itu pihaknya terus melakukan pemantauan bersama sejumlah instansi, mulai sari TNI, Kepolisian, BPBD maupun pemerintah daerah. 

Foto : Istimewa

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon