Empat Rumah di Trenggalek Rusak Akibat Tanah Gerak


Trenggalek - Empat rumah warga Trenggalek rusak parah akibat terjadi pergerakan tanah. Tiga diantaranya terpaksa harus dikosongkan karena nyaris ambruk. 

Camat Bendungan, Nur Kholiq, mengatakan, pergerakan tanah tersebut terjadi di Dusun Suko, Desa Depok, Kecamatan Bendungan. Tiga rumah dalam kondisi rusak parah, retakan tembok dan lantai menyebar di seluruh ruangan, bahkan salah satu bagian rumah telah roboh. 

"Empat rumah yang terdampak ini adalah milik Supeno, Sukar, Tukinem serta Maryah. Yang tiga ini sama sekali tidak bisa ditempati, sedangkan yang satu tanahnya sudah banyak retakan," katanya, Rabu (10/1/2018). 

Menurutnya, seluruh barang-barang yang ada di dalam rumah serta penghuninya kini telah dievakuasi ke rumah tetangga yang lebih aman. Hal ini dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa. 

Kholiq menjelaskan, munculnya tanah pergerakan tanah tersebut terjadi semalam, sesaat setalah wilayah Desa Depok diguyur hujan lebat selama dua jam. 

"Pada saat itu penghuni tahu ada pergerakan tanah, mereka langsung keluar untuk menyelamatkan diri. Munculnya retakan di dalam rumah itu relatif cepat," ujarnya. 

Dari hasil pemeriksaan di lokasi kejadian, pergerakan tanah hanya berdampak terhadap empat rumah, sedangkan rumah warga lain dinilai masih aman karena lokasinya berjauhan. 

"Untuk rumah-rumah yang rusak ini berada dalam satu deret, sehingga dampaknya hanya di situ saja," imbuhnya. 

foto : istimewa

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon