BERBURU "SUNRISE" DI BUKIT BANYON TRENGGALEK


Trenggalek - Kabupaten Trenggalek menyimpan ribuan pesona wisata alam yang memukau, salah satuyang saat ini banyak dikunjungi wisatawan adalah Bukit Banyon di Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, yang menyajikan tiga keindahan alam sekaligus yakni, matahari terbit, matahari tenggelam dan pemandangan bagai di negeri atas awan. 

Bukit Banyon berada kurang lebih 10 Kilometer di sebelah selatan pusat Kota Trenggalek. Untuk menjangkau lokasi ini wisatwan tak perlu repot-repot jalan kaki, karena bisa dijangkau dengan sepeda, sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

"Tapi tetap harus hati-hati, karena jalannya masih berupa cor beton," kata salah satu warga Desa Widoro, Shahroni Yusuf.  

Dari atas puncak bukit, pengunjung bisa menikmati eksotisme alam yang istimewa, hamparan awan putih yang menyelimuti perkampungan dan gugusan pegunungan yang ada di wilayah Trenggalek. berada di kawasan ini, seakan berada di negeri atas awan. Indahnya pemandangan Bukit Banyon, juga banyak dimanfaatkan oleh penggemar fotografi sebagai lokasi pengambilan foto. 

Yusuf mengatakan, selain pesona alam pegunungan, di kawasan Bukit Banyon ini, wisatawan juga bisa menyaksikan dengan langsung keindahan terbitnya sang mentari dari ufuk timur. Sunrise bisa akan muncul dari sela-sela barisan pegunungan, sekitar pukul setengah enam pagi. "Untuk menikmati "sunrise" tersebut, anda harus berada di lokasi sejak pukul 5.00 WIB," katanya.

Tak hanya itu saja, dikala sore hari, tenggelamnya sang surya juga menjadi pemandangan yang mengagumkan, sunset di Bukit Banyon bisa disaksikan sekitar pukul setengah enam petang. Sang surya yang seharian menyinari bumi Trenggalek, akan tenggelam di peraduannya di balik barisan pegunungan. 

Lokasi Bukit banyon biasnya ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan. Hingga saat ini warga lokal meupun pemerintah daerah setempat belum menjadikan puncak Bukit Banyon sebagai kawasan wisata, sehingga pengunjung bisa dengan leluasa menyaksikan keindahan alam tanpa harus membayar tiket masuk. 

sementara itu, salah seorang pengunjung dari Blitar Aris Purwanto mengaku, penasaran dengan pemandangan alam Buit Banyon setelah melihat tayangan di salah satu televisi swasta. "memang luar biasa pemandangannya, dari lokasi ini kita bisa melihat Trenggalek," katanya.

Ia mengaku, cukup puas bisa mengunjungi banyon, bahkan sebelumnya beberapa temannya yang sempat menginap di puncak bukit dengan mendirikan tenda. "Kami berharap, awasan ini dikembangkan dan ada tambahan fasilitas, sehingga semakin asik," imbuhnya. 

Salah seorang perangkat Desa Widoro, Samsul Ma'arif mengatakan, kawasan kampung Banyon tersebut mulai ramai menjadi lokasi wisata warga sejak setengah tahun terakhir. Destinasi ini menyebar ke masyarakat luas setelah beberapa orang mengabadikan keindahan puncak Banyon dan menyebarkan melalui media sosial.

"Pengunjung tambah ramai, setelah beebrapa televisi nasional juga melakukan peliputan," ujarnya.

Pihaknya mengaku memiliki rencana untuk mengembangkan kawasan Bukit Banyon sebagai lokasi wisata andalan. Namun rencananya tersebut harus disinkronkan dengan berbagai pihak termasuk Perhutani, mengingat lahan yang biasa dimanfaatkan untuk menikmati matahari terbit dibawah pengelolaan Perhutani. 

"Tapi yang jelas, tujuan kami, sedandainya dikembangkan mampu memnjadi motor penggerak roda perekonomian masyarakat di kampung Banyon," jelasnya. 

 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon