Ibas Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Trenggalek

Trenggalek - Untuk mengatasi terjadinya krisis multidimensi  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, anggota Komisi X DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di kepada ratusan warga dari berbagai komunitas di Trenggalek, Jawa Timur.

Kegiatan yang berlangsung di balai Benih Ikan (BBI) Kelurahan Sumbergedong, Kecamatan Trengggalek ini diikuti oleh sejumlah komunitas, antara lain, mahasiswa, pelajar, kelompok tani serta beberapa kelompk warga lainnya.

Koordinator acara, Babe mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap empat pilar kebangsaan yakni, Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Eka. mengingat empat pilar tersebut merupakan mati untuk mempersatukan seluruh elemen masyarakat di negara Indonesia. 

"Nilai Pancasila itu memang harus diajarkan seja kecil, agar anak-anak Indonesia dapat lebih mencintai negara ini,'' ujarnya kepada wartawan.

Sementara itu, jalannya sosialisasi tersebut berlangsung "gayeng", narasumber utama dari Institut Kegutuan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Madiun, Wawan Kokotiasa mampu membuat suasana terus hidup, ,ulai awal hingga akhir acara. "Saya lebih senang sosialisasi dengan model dialog, sehingga peserta tidak jenuh dan bisa menerima apa yang disampaikan," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan empat pilar kebangsaan, mulai Pancasila dan UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Eka harus dipahami dan dijalankan oleh seluruh masyarakat, karena dengan itulah kehidupan berbangsa dan bernegara akan berjalan dengan baik, terlebih Indonesia tidak hanya diisi oleh satu suku maupun agama saja. Pihaknya khawatir, apabila empat pilar ini tidak dipahami masyarakat, maka akan menjadi slogan dan ajaran yang tanpa arti. 

"Namun, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki karakter berfikir individual sehingga sulit berkembang, inilah yang harus kita benahi bersama dengan mengamalkan nilai-nilai empat pilar tersebut," jelasnya.

Salah seorang peserta, Ratnawati mengapresiasi langkah yang diambil Mas Ibas yang konsisten untuk memberikan sosialisasi kebangsaan, karena dengan inilah seluruh elemen masyarakat bisa secara gamblang mendapatkan ilmu yang selama ini mulai pudar di masyarakat. "Saya rasa mas Ibas merupakan salah satu wakil rakyat yang sering menggelar acara semacam ini," katanya.

Terpisah, Edhie Baskoro Yudhoyono berharap, jiwa karakter yang di bangun haruslah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Agar nantinya bangsa ini menjadi bangsa yang sejahtera dan berdaulat. 

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, lanjut dia, diharapkan para peserta sosialisasi menerapkan dan menyampaikan kandungan empat pilar ini kepada anggota kelompok maupun masyarakat yang lainnya. 

"Ini adalah pegangan yang harus benar-benar dipahami oleh seluruh masyarakat, tentu saja untuk sosialisasi empat pilar ini harus disesuaikan dengan tingkatan usia dan strata pendidikannya," ujarnya.

Putra bungsu Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono itu berpendapat, pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila dan UUD 1945 perlu penghayatan dan pengalaman yang lebih baik. "Tujuannya, agar eksistensi negara dan bangsa ini tetap lestari sepanjang masa," ungkapnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon