ANGKA KEMISKINAN TRENGGALEK MASIH TINGGI


KBR, Trenggalek, 10/3 - Prosentase angka kemiskinan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur masih cukup tinggi, bahkan prosentasenya melebihi angka kemiskinan di tingkat provinsi maupun nasional.

Bupati Trenggalek, Muyadi Wiryono mengatakan, saat ini angka kemiskinan di wilayahnya mencapai 87.938 rumah tangga atau sekitar 13,77 persen, sedangkan di tingkat Provinsi Jawa Timur sebanyak 12,73 persen dan di tingkat nasional hanya 11,47 persen. 

Menurutnya, kantong-kantong rumah tangga miskin di Kabupaten Trenggalek paling banyak berada di beberapa wilayah pegunungan, seperti Kecamatan Panggul, Dongko, Pule dan Kecamtan Tugu. 

"Dari prosesntase memang Trenggalek ini lebih tinggi dibanding tingkat provinsi maupun nasional, sehingga nanti pada tahun 2016 akan kami genjot dengan program-program agar angka kemiskinan ini bisa dikurangi," kata Mulyadi. 

Mulyadi menambahkan, pihaknya mengaku telah beruaya keras untuk menurunkan jumlah rumah tangga miskin, dengan berbagai macam program, namun upya tersebut belum mendapat hasil maksimal. Pihaknya berkilah beberapa faktor yang menyulitkan program pengentasan kemiskinan adalah minimnya anggaran serta gejolak perekonomian di tingkat nasional. 

Bahkan menurut Mulyadi, gejolak akibat kebijakan ekonomi nasional, seperti kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) maupun elpiji berdampak langsung terhadap bertambahnya angka kemiskinan di tingkat daerah. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon