PEMKAB TRENGGALEK SUKSESKAN GERAKAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN

Trenggalek, 26/11 Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur terus berupaya membiasakan gaya hidup sehat di masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan adalah ikut serta menyukseskan gerakan cuci tangan sedunia. 

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Trenggalek, Yuli Priyanto mengatakan, gerakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) merupakan salah satu agenda nasional yang tertuang dalam  strategi nasional sanitasi berbasis masyarakat.

"Di Trenggalek ini kami mengajak seluruh komponen masyarakat mulai dari anak hingga dewasa untuk senantiasa membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun, karena ini sangat banyak manfaatnya," katanya.

Dijelaskan, sebagai bentuk kampanye perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), Pemkab Trenggalek menggerakkan masyarat untuk berpola hidup sehat selama 21 hari hingga tanggal 14 Desember.

Lanjut dia, mencuci tangan dengan sabun adalah cara yang cukup sederhana dan mudah dilakukan di mana saja dan tidak membutuhkan biaya yang tinggi.

Sementara itu pencetus gerakan cici tangan pakai sabun, Rony Sya'roni di Trenggalek mengatakan,  beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mencuci tangan dengan sabun antara lain,  mencegah penularan penyakit seperti diare, tifus dan ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) dan beberapa manfaat lainnya.  

"Gerakan CTPS ini sudah kami sosialisaikan di hampir 35 kabupaten di Jawa Timur. Semua kegiatan yang dilakukan CTPS ini selalu bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Jawa Timur termasuk Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek," kata Direktur Spektra Unilever Jatim ini. 

Ia berharap program tersebut bisa sukses dan diaplikasikan secara langsun oleh mayarakat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga akan berdampak langsung terhadap kesehatan masyarakat. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon