PEMKAB TRENGGALEK SUKSES GELAR FESTIVAL TURONGGO YAKSO

Trenggalek, 27/8 - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur sukses menggelar festival kesenian jaranan asli daerahnya "Turonggo Yakso".

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Trenggalek, Yuli Priyanto, Selasa mengatakan, perlombaan yang digelar selama empat hari berturut-turut tersebut mendapatkan respon yang dari masyarakat. Terbukti dari membeludaknya jumlah penonton saat acara berlangsung.

"Festival Turonggo Yakso ini adalah even tahunan yang kami gelar untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Trenggalek. Selain itu agenda ini juga sebagai upaya untuk melestarilkan budaya lokal," katanya.

Acara yang digelar malam hari itu diikuti oleh puluhan seniman yang tergabung dalam sanggar dan perkumpulan Turonggo Yakso di seluruh Kabupaten Trenggalek. Dijelaskan tari Turonggo Yakso dalam penampilannya digambarkan sebagai sosok berbadan kuda namun berkepala raksasa.

"Kesenian ini cukup menarik saat disuguhkan di atas panggung, terlebih saat ini ada beberapa variasi yang dilakukan, sehingga semakin mempercantik penampilan," ujar Yuli.

Mantan ajudan bupati ini menambahkan, selain jaranan Turonngo Yakso, festival yang digelar di alun-alun kota tersebut juga menampilkan kesenian jaran konvensional. Dari rangkaian perlombaan itu, panitia memilih lima peserta yang menjadi penampil terbaik kategori Turonggo yakso dan tiga penampil terbaik Non-turonggo Yakso.

"Mereka mendapatkan piala sekaligus uang pembinaan. Semoga ini menjadi penyemangat untuk terus melestarikan budaya lokal Trenggalek," ujar Yuli Priyanto.

Sementara itu, Bupati Trenggalek, Mulyadi Wr berkomitmen untuk terus menggelar acara serupa pada tahun-tahun mendatang. Karena hanya dengan cara itulah para seniman merasa lebih dihargai dan mendapatkan perhatian dari pemerintah.

"Upaya pelestarian dan pengembangan Seni Budaya Kabupaten Trenggalek dapat menumbuh kembangkan Pencitraan Karakter bangsa yang Ramah, berbudaya, bermartabat dan menjunjung tinggi derajat kemanusiaan," katanya.

Pihaknya berharap pagelaran kesenian Turonggo Yakso tersebut terus mengalami perkembangan. Sehingga kedepan bisa menjadi salah satu aset wisata budaya, seperti layaknya even tahunan yang digelar di beberapa daerah.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon