Ngabuburit di Perpustakaan Daerah

Trenggalek - Banyak cara dilakukan untuk mengisi waktu di bulan Ramadan, salah satunya adalah mengunjungi perpustakaan daerah. Selain untuk ngabuburit, membaca buku juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan. 

Di Perpustakaan Daerah Trenggalek, sejumlah pelajar dan masyarakat umum tampak serius membaca berbagai koleksi buku, mulai dari buku sejarah, sains, anak-anak hingga ribuan koleksi lainnya. 

Salah seorang pelajar, Angelista Mefia, mengaku sengaja mengisi waktu luang usai pulang sekolah untuk mengunjungi perpustakan guna membaca aneka koleksi buku. Menurutnya, membaca buku di perpustakaan menjadi salah satu hobinya, karena selain mengisi waktu juga bisa bermanfaat untuk menambah pengetahun, terutama dalam bidang mata pelajaran. 

"Kalau di sini yang sering saya baca buku-buku pelajaran, kebetulan biasanya juga ada tugas dari sekolah, sehingga mudah untuk mencarinya di sini," kata Angelista, JUmat (25/5/2018). 

Hal senada disampaikan pengungjung perpustakaan yang lain, Vivi Nurma Yunita, mengatakan berkunjung ke perpustakaan di saat bulan puasa memiliki kepuasan tersendiri, karena suasanya cukup tenang dan nyaman. Selain itu ia bisa memanjakan diri dengan membaca berbgai koleksi buku favoritnya. 

"Di sini ini cukup tenang, enak kalau digunkan baca novel. Kebetulan saya lumayan sering ke perpustakaan sini, minimal seminggu sekali," kata Vivi. 

Tidak hanya pelajar dan masyarakat umum, sejumlah anak-anak juga tampak ceria untuk berkunjung dan menikmati waktu luang sambil membaca di perpustakaan daerah. 

Sementara itu Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Trenggalek, Yoso Mihardi, mengatakan pada saat bulan puasa tingkat kunjungan perpustakaan masih relatif stabil dan hampir sama dengan hari-hari biasa. 

"Rata-rata perhari di atas 30 orang yang berkunjung. Tadi sata lihat dari data delapan hari sebelum puasa dan delapan hari puasa hampir sama pengunjungnya. Sebetulya kalau puasa biasanya lebih tinggi, tapi karena ini lagi musim ujian sekolah banyak yang konsentrasi ke ujian," Kata Yoso. 

Mantan Kabag Humas Pemkab Trenggalek ini mengaku instansinya terus berupaya untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat dengan berbagai macam cara, mulai perbaikan fasilitas perpustakaan, penyediaan mobil perpustakaan keliling serta pojok baca. 

"Jadi selama puasa ini mobil perpustakaan keliling kami maksimalkan untuk mengunjungi pusat-pusat keramaian, seperti di hutan kota, alun-alun maupun Green Park, kalau hari-hari biasa mobil keliling banyak yang keliling ke sekolah," jelas Yoso. 

Sementara itu untuk pojok baca di komplek Alun-alun Trenggalek akan mulai di aktifkan pada Senin depan. Dengan keberadaan pojok baca, masyarakat yang berkunjung ke pusat kota juga bisa menambah ilmu pengetahuan. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon