Jelang Pilkada Dispendukcapil Trenggalek Fasilitasi Perekaman E-KTP Siswa SLB

Trenggalek - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah 2018 dan Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Trenggalek gencar melakukan aksi jemput bola dengan merekam data KTP Elektronik terhadap siswa Sekolah Luar Biasa (SLB). 
Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Trenggalek, Ratna Kurniadi mengatakan, perekaman dengan sistem jemput bola senjaga dilakukan untuk mempermudah para penyandang disabilitas untuk mendapatkan KTP elektonik tanpa harus ke kantor Dispendukcapil. 

Menurutnya, dengan pendataan tersebut diharakan para siswa memiliki kelengkapan identitas kewarganegaraan berupa KTP elektronill, selain itu mereka juga bisa digunakan untuk menyuarakan hak pilihnya dalam Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019. 
"Saat ini kami lakukan perekaman 16 siswa yang telah berusia 17 tahun, kemudian juga ada tambahan beberapa siswa yang usianya mendekati, namun pemberian KTP Elektroniknya tetap pada saat usia mereka 17 tahun," katanya, Selasa (16/1/2018). 

Dikatakan,  proses perekaman data biometrik di SLB tersebut membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, karena masing-masing siswa memili kebutuhan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Sementara itu, pihak sekolah mengaku cukup tebantu dengan adanya kegiatan tersebut, sehingga para siswanya bisa mendapatkan KTP elektronik tanpa harus datang langsung ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
"Ini sangat membantu, utamanya orang tua siswa, karena kalau harus datang langsung ke Dispendukcapil kelihatannya sulit," katanya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon