SEKTOR PERDAGANGAN DOMINASI INVESTASI DI TRENGGALEK

Trenggalek, 24/9 - Sektor perdagangan dan telekomunikasi menjadi salah satu penyumbang investasi terbesar di Kabupaten Trenggalek dalam selama beberapa tahun terakhir.

Kepala Kantor Perijinan dan Penanaman Modal (KPPM) Kabupaten Trenggalek Stefanus Triadi, Selasa mengatakan, khusus untuk investasi sektor perdagangan selalu ada dalam setiap bulan.

"Sedangkan untuk telekomunikasi ini hampir seluruhnya berupa pendirian tower untuk telepon selular, nilainya selalu tinggi dan jumlahnya mencapai miliaran," katanya.

Menurutnya, Trenggalek merupakan salah satu market baru yang dinilai prospektif oleh para investor, baik dari dalam maupun luar kota. Hal ini terbukti dari menjamurnya bisnis pertokoan di tingkat kecamatan.

"Pasar yang dilirik tidak hanya wilayah kota saja, tapi kecamatan-kecamatan seperti Karangan, Durenan, Pogalan, Panggul dan beberapa kecamatan yang lain," ujarnya.

Triadi menambahkan, selain perdagangan, sejumlah sektor lain yang mulai masuk ke wilayah Trenggalek antara lain, wahana hiburan serta perhotelan, Ia mencontohkan, di wilayah kota kini berdiri dua wahan rekreasi "waterpark".

Keberadaan investasi baru tersebut mendapat dampak terhadap perkembangan daerah yang ada di sekitarnya, terutama ekonomi mikro serta penyerapan tenaga kerja.

Dari data di KPPM Trenggalek, jumlah investasi yang masuk selama kurun waktu delapan bulan terakhir (Januari-Agustus) mencapai lebih dari Rp100 miliar.

Rinciannya, Januari Rp8,75 miliar, Februari Rp9,7 miliar, Maret Rp19,5 miliar, April Rp8,52 miliar, Mei Rp7,46 miliar, Juni Rp6,5 miliar, Juli Rp34,8 miliar dan Agustus Rp5,04 miliar.

"Dari total investasi tersebut diprediksi mampu menyerap sekitar 1.528 tenaga kerja baru, dengan jumlah usaha yang masuk sebanyak 526 unit," imbuh Triadi.

Nilai kucuran investasi tahun ini nyaris stagnan dibanding dengan periode yang sama (Januari-Agustus) pada tahun 2012 lalu, yang berkisar Rp100 miliar.

Guna mendongkrak iklim investasi di Kabupaten Trenggalek, pihaknya terus berupaya dengan berbagai macam cara, termamsuk memberikan pelayanan perijinan yang prima.

"Sesuai dengan prinsip dari kantor perijinan dan penananaman modal, kami memberikan pelayanan yang mudah, cepat, transparan dan pasti," katanya.

Selain itu KPPM juga mengratiskan sejumlah jenis perijinan, antara lain ijin prinsip, ijin lokasi, ijin usaha perdagangan (SIUP), tan da daftar perusahaan, tanda daftar industri serta sejumlah perjinan yang lain, dengan jumlah perijinan yang digratiskan mencapai 15 item.

"Kemudian untuk meningkatkan investasi, kami juga memberikan kepastian hukum serta keamanan. Kepastian hukum terwujud melalui regulasi perundang-undangan yang jelas," ujar Triadi.

Sedangkan untuk meredam gejolak masyarakat yang dimungkinkan muncul pada saat investasi mulai masuk, pihaknya berupaya keras dengan menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat serta memberikan pemahaman jelas yang transparan.

"Tidak lupa juga kami selalu menekankan kepada para investor agar tidak melupakan masyarakat yang ada di sekitar unit usahanya, dengan cara direkrut menjadi karyawan maupun memberikan alokasi CSR," tandasnya.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon