Ini Dia, Guiding Block Untuk Tunanetra Yang Bikin Gagal Paham

Trenggalek - Guiding Block merupakan salah satu fasilitas penunjuk jalan bagi para penyandang disabilitas, khususnya tunanetra yang dipasang di atas trotoar. Namun apa jadinya kalau pemasangan fasilitas tersebut dilakukan secara sembarangan. 

Salah satu lokasi pemasangan guding block yang terkesan asal-asalah berada di Jalan Ahmad Yani Trenggalek atau tepatnya di depan kantor Sekretariat Daerah (Setda) serta depan kantor Telkom. 

Penunjuk jalan tersebut justru banyak yang mengarah langsung pada pohon maupun tiang kabel telepon. Sejumlah penyandang tunanetra dan aktivis peduli disabilitas menilai, pemasangan yang tidak benar tersebut justru membahayakan para tunanetra, karena bisa menambrak pohon. 

"Sebetulnya guiding block ini sangat membantu teman-teman tuna netra, namun yaa itu tadi, pemasangannya masih kurang sempurna. Seharusnya, kalau ada pohon, tiang atau penghalang lainnya maka guding block bisa dibuat belok," kata salah seorang tunanetra, Suprayitno, Senin (15/1/2018). 

Pihaknya berharap, pemerintah daerah melakukan evaluasi serta langkah pembenahan terhadap fasilitas publik ini, sehingga tunanetra bisa lebih nyaman, aman dan bisa menikmati fasilitas publik seperti manusia normal lainnya.

"Orientasi kami adalah bisa mobilitas sendiri, tidak harus ketergantungan dengan orang lain. Suatu saat juga ingin, misalkan sore hari nongkrong di alun-alun, sambil dengarkan lalu lintas mobil sepeda motor maupun oranh," imbuhnya. 

Di Trenggalek, trotoar yang dilengkapi dengan fasilitas guiding block masih sangat terbatas, diantaranya, di Jalan Ahmad Yani serta sebagian kecil di Jalan Soekarno Hatta. 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon