DPC PDI Perjuangan Trenggalek Gelar Lomba Inovasi Olahan Pangan Berbahan Dasar Ikan

Trenggalek - Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDIP Trenggalek menggelar lomba inovasi masak berbahan dasar ikan. Lomba ini untuk mendorong percepatan penanganan stunting. 

Kader PDIP sekaligus Ketua TP PKK Trenggalek Novita Hardini, mengatakan kegiatan yang digelar di Kandang Banteng Trenggalek itu sekaligus untuk memperingati HUT ke-50 PDIP dan ulang tahun Megawati Soekarnoputri. 

"Ketua Umum PDI Perjuangan memberi instruksi kepada seluruh ketua DPC di seluruh Indonesia untuk melaksanakan gerakan hidup sehat dengan membuat dapur umum dan melibatkan masyarakat dengan menu sajian yang bergizi," kata Novita Hardini, Senin (23/1/2023).

Para peserta saling berkompetisi untuk menciptakan menu masakan yang dengan bahan dasar ikan. Menu ikan dipilih karena memiliki nilai gizi tinggi. 

Lanjut dia, ikan mempunyai kandungan nutrisi yang paling lengkap, sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun ibu hamil. "ikan adalah kombinasi yang paling sempurna gizinya, karena kandungan zinc nya tiga kali lipat" katanya.

Menurutnya lomba masak tersebut sejalan dengan program inovasi SMS Bu Novita yang digagas Ketua TP PKK Trenggalek. SMS bu Novita adalah program pendampingan untuk penanggulangan stunting dari hulu hingga hilir. 

"Kita mengedukasi bagaimana masak yang sehat bergizi tapi juga menarik bagi anak-anak sehingga tergugah untuk makan. Ini adalah salah satu inovasi penanganan stunting yang mengantarkan Kabupaten Trenggalek mendapatkan juara penganganan stunting terbaik nasional dua tahun berturut-turut" ujar Novita

Novita mengajak kader dan simpatisan PDI Perjuangan serta seluruh komunitas untuk turut serta berjuang mendampingi masyarakat tentang bagaimana cara mengolah ikan.

"Ikan tidak hanya digoreng saja, tetapi ikan bisa diolah sedemikian rupa sehingga menarik," jelasnya.

Harapannya kegiatan tersebut menjadi inspirasi bagi masing-masing ranting yang ada di Kabupaten Trenggalek supaya bisa disosialisasikan serta bekerjasama dengan dasawisma di masing-masing daerah sehingga penurunan angka stunting akan lebih mudah dicapai.

"Terimakasih Ibu Megawati, telah peduli terhadap tumbuh kembang anak di setiap desa.
Kami siap mengawal perjuangan," pungkasnya.



Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon