Jelang Hari Jari, Pemkab Trenggalek Gelar Jamasan Pusaka

Trenggalek - Dua hari menjelang Hari Jadi ke-825 Kabupaten Trenggalek, pemerintah setempat menggelar tradisi jamasan pusaka. Prosesi jamasan dilakukan secara tradisional di Pendapa Manggala Praja Nugraha. 

Dalam tradisi tersebut terdapat beberapa pusaka yang dijamas dan dibersihkan, diantaranya, dua pucuk Tombak Korowelang, Songsong Tunggul Praja, Songsong Tunggul Naga, Panji lambang kabupaten dan Parasamya Purna Karya Nugraha. 

Prosesi jamasan dilakukan dengan cara tradisional, para petugas, Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin memakai kostum tradisional Jawa. Jamasan diawali dengan selamatan di dalam pendapa, ini untuk memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Selanjutnya pusaka peninggalan era kerajaan itu dibersihkan dengan air yang diambil dari 14 mata air yang ada di 14 kecamatan di Trenggalek. Pembersihan pusaka dipimpin oleh juru jamas dr Sarjono Baskoro. 

 "Jamasan pusaka adalah momen yang sangat penting dalam prosesi Hari Jadi ke-825 Trenggalek. Upacara adat jamasan pusaka ini dalam rangka meneruskan adat yang diwariskan oleh para leluhur pendahulu Trenggalek," kata Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin, Kamis (29/8/2019). 

Menurutnya, pembersihan pusaka sebagai salah satu bentuk penghormatan dan mengingat para pendahulu yang telah berjuang untuk kemakmuran Trenggalek. 

"Kalau dulu senjata itu untuk berjuang, sekarang digunakan sebagai simbol untuk mengenang perjuangan," jelasnya. 

Pihaknya berharap HUT Trenggalek yang jatuh pada 31 Agustus mendatang bisa menjadi penggugah semangat seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama memajukan Trenggalek. 

"Selamat Hari Jadi ke-825 Trenggalek, Trenggalek harus meroket," imbuhnya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon