DPT PILPRES TRENGGALEK BERTAMBAH 6.000 JIWA 

Trenggalek, 26/6 - Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) di Kabupaten Trengalek, Jawa Timur meningkat sekitar 6000 jiwa dibanding pemilihan legislatif beberapa waktu yang lalu.

Ketua KPU Trenggalek, Suripto mengatakan, dalam Pilpres kali ini, jumlah DPT yang terdaftar di KPU sebanyak 565.543 jiwa, sedangkan DPT pemilihan legislatif lalu hanya 559.440 jiwa. Menurutnya bertambahnya jumlah pemilih ini didominasi oleh pemilih pemula, yang kini telah berusia 17 tahun atau telah menikah.

"Yang paling banyak adalah pemilih pemula, yang pada pileg lalu belum berusia 17 tahun, saat ini sudah 17 tahun, sehingga bisa mencoblos," katanya.

Suripto menambahkan, meskipun jumlah pemilih tetap telah disahkan, pihaknya masih melakukan validasi terhadap masayarakat yang belum masuk dalam daftar pemilih pilpres.

Pihaknya menjamin masayarakat yang telah memiliki hak pilih tetap bisa menggunakan hak suaranya pada sembilan Juli nanti meskipun belum masuk dalam DPT. 

"Yang belum masuk DPT, bisa dimasukkan dalam daftar pemilih khusus (DPK) serta DPKTB (daftar pemilih khusus tambahan)," imbuhnya.

Sementara itu, dalam pemilihan presiden dan wakil presiden mendatang, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang akan digunakan sebanyak 1500 TPS, atau berkurang 135 dibanding pemilu legislatif lalu yakni 1.635 TPS.

Penyusutan ini dilakukan untuk efisiensi, karena jumlah pemilih pilpres per TPS maksimal 800 jiwa, sedangkan pileg hanya 500 jiwa.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon