Wow Trenggalek Punya Supermarket Khusus Produk Lokal

Trenggalek - Sebuah inovasi dikembangkan Pemerintah Kabupaten Trenggalek, untuk meningkatkan daya saing produk industri kecil mikro dan menengah, dengan membuat supermarket khusus produk lokal. 

Sueprmarket yang berada di Jalan Panglima Soedirman tersebut diberinama Galeri Gemilang. Gedung yang menyatu dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Trenggalek di desain secara modern layaknya galeri sekaligus toko. 

Di lokasi ini terdapat 300 lebih produk lokal unggulan dari berbagai usaka kecil yang ada di Trenggalek, mulai dari makanan olahan, kerajinan, batik, benda seni, meubel hingga aneka minuman kemasan. 
Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak, mengatakan, Galeri Gemilang sengaja dibuat untuk mempermudah masyarakat umum maupun para wisatawan yang datang guna mendapatkan berbagai produk lokal unggulan. 

"Kami ingin satu tempat yang representatif, yang meyakinkan sehingga membuat orang tergugah untuk membeli atau minimal untuk mencari tahu. Jadi galeri Gemilang ini fungsinya dua, yang pertama adalah inkubasi bagi para pelaku IKM," katanya. 

Sehingga diharapkan para pelaku usaha kecil di Trenggalek tidak kesulitan untuk memasarkan aneka produknya secara kontinyu dengan segmentasi yang lebih menarik dan bernilai lebih. 

Menurut Emil, produk yang dipsarkan melalui galeri Gemilang tersebut telah memiliki standar khuus, mulai mutu produk, hingga kemasan. Sehingga produk yang dihasilkan memiliki mampu menarik pembeli. Terbukti mayoritas produk yang dipasarkan memiliki kemasan yang unik dan 

"Ini adalah produk-produk yang berada di bawah binaan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan. Semoga ini menjadi pasar yang lebih pasti, karena biasanya hanya berkeliling dari pameran satu ke yang lain," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Trenggalek, Arumi Bachsin mengaku cukup puas dengan kehadiran Galeri Gemilang tersebut. Pihaknya berharap para pelaku usaha di Trenggalek lebih terpacu untuk berkarya dan menciptakan produk yang berkualitas dan inovatif. 

"Kalau selama ini ada yang kesulitan pemasaran, jadi sekarang tidak perlu khawatir lagi. Kami harap bisa memberikan kesempatan yang sama bagi para pelaku IKM di Trenggalek. Dulu mereka tidak mengerti mengenai packaging yang bagus, sekarang sudah bisa," ujarnya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon