EKSOTISME TELAGA NGUDALAN DENGAN IKAN KERAMATNYA



Trenggalek - Mendengar kata telaga, kita pasti langsung terbayang dengan air jernih serta suasana alam yang segar. Nah, di Trenggalek, Jawa Timur ada satu telaga yang bisa menjawab angan-angan tersebut, bahkan di telaga ini, kita bisa menyaksikan ratusan ikan dari berbagai ukuran yang tengah asik berenang. 

Nama telaga ini cukup unik, yakni  Ngudalan, yang berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak atau berada di sekitar 24 kilometer dari pusat Kota Trenggalek. 

Suasana sejuk dan nyaman langsung terasa saat sampai di lokasi telaga yang mirip aquarium raksasa ini, Di lokasi ini, mata kita pasti akan langsung tertuju pada jernihnya air telaga serta ratusan ikan yang berenang di dalamnya. Ikan-ikan yang hidup di telaga ngudalan ini terdiri dari berbagai jenis dan ukuran. Yang menarik, ikan telaga justru akan menampakkan diri saat ada pengunung yang datang, sehingga kita bia menikmati sepuasnya .  

Salah seorang pengunjung, Choirul Anam mengatakan, ikan-ikan di telaga Ngudalan tetap lestari keberadaanya dan tidak ada orang yang berani mengambilnya. "Konon, merupakan ikan keramat, sehingga bisa berakibat buruk terhadap orang yang nekat mengambil," katanya.

Keindahan dan kesejukan telaga masih sangat terasa, aneka pepohonan besar berdiri kokoh di sekitarnya. Kondisi inilah yang menjaga ketersediaan air telaga hingga saat ini. 

Cuitan aneka burung yang bertengger di dahan-dahan pohon semakin membawa suasana nyaman khas pedesaan.

Telaga Ngudalan sudah ada sejak ratusan tahun lalu, air telaga biasanya dimanfaatkan oleh penduduk untuk sumber air minum, maupun untuk memenuhi kebutuhan irigasi sawah yang ada di sekitarnya. Di lokasi telaga ini, dulu pernah ditemukan prasasti peninggalan Mpu Sindok yang diperkirakan dibuat pada tahun 929 masehi . 

"Kalau prasastinya tidak ada di dini lagi, karena sudah dibawa ke Trenggalek kota untuk dimuseumkan," ujarnya. 

Selain menikmati keindahan telaga serta ikan-ikannya, pengunjung juga bisa menikmati eksotisme alam sekitar yang terdiri dari perbukutan dan persawahan. 

Namun sayang, potensi wisata alam yang begitu luar biasa ini sama sekali belum tergarap oleh pemerintah daerah, padahal sangat perpotensi menjadi lokasi wisata andalan.  





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon