MERIAHNYA TRADISI LEBARAN KETUPAT DI TRENGGALEK


Trengalek - Perayaan lebaran ketupat pada H+8 lebaran, di Trenggalek, Jawa Timur berlangsung meriah, ribuan warga memadati perkampungan untuk menyaksikan aneka hiburan serta pesta ketupat gratis.

Sejak pukul 7.00 WIB, suasana Kelurahan Kelutan, Kecamatan Trenggalek dan Durenan tampak ramai. Dalam perayaan tradisi kupatan ini, aneka kegiatan digelar, mulai dari pawai karnaval, drumband , hingga tari-tarian. Bahkan fashion show kostum dari barang bekas, juga ikut meramaikan lebaran ketupat. 

Salah seorang warga Kelutan, Binti Nasrikah mengatakan, perayaan ini merupakan bentuk rasa syukur warga, setelah enam hari melaksanakan puasa sunnah syawal selama enam hari. "Untuk di kelutan ini perayaan lebaran ketupat sudah yang enam kalinya dan selalu berlangsung rmai seperti ini," katanya.

Menurutnya, selain aneka hiburan, salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu adalah pesta ketupat gratis. Setiap pengunjung, bebas menikmati aneka kupat sayur yang disediakan di masing-masing rumah warga.

Binti menambahkan, khusus untuk lebaran ketupat, ia dan keluarganya menghabiskan sekitar 10 kilogram beras dan lima buah nangka muda. Seluruh ketupat yang dibuat langsung laris manis diserbu pengunjung sejak pukul 7.00 WIB. "Ini tadi seluruh ketupat habis dalam waktu kurang dari dua jam," ujarnya.

Kata dia, jumlah pengunjung dalam tradisi ini terus mengalami peningkatan setiap tahun, mereka berasal dari berbaga kecamatan yang ada di Trenggalek, bahkan beberapa diantaranya merupakan pengunjung dari luar kota.

Salah seorang pengunjung, Hasan Wiyono, sengaja datang dari Tulungagung untuk merayakan lebaran ketupat bersama sanak saudaranya di Trenggalek. Mneurutnya, tradisi di Trenggalek berbeda dengan daerah-daerah lain. "Kalau di sini enak, bisa makan ketupat gratis , selain itu bisa melihat aneka hiburan dan sekaligus bersilaturrahmi," katanya.

Padatnya pengunjung perayaan lebaran ketupat , menyebabkan jalur utama Trenggalek-Ponorogo macet total. Ribuan kendaraan terjebak diantara ramainya lebaran. Untuk mengurai kemacetan tersebut, polisi terpaksa mengalihkan jalur utama melalui kecamatan Karangan. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon