Menikmati Pesona Alam Tebing Lingga



Arena bermain air yang ada di Wisata Tebing Lingga 

Trenggalek - Sebagian besar wilayah Trenggalek merupakan kawasan pegunungan dan perbukitan, namun dibalik itu kabupaten di pesisir selatan Jawa Timur ini menyimpan potnsi wisata alam menarik, salah satunya Wisata Tebing Lingga (WTL).

Tebing lingga berada di Desa Nglebo, Kecamatan Suruh atau sekitar 20 kilometer dari pusat kota Trenggalek. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menuju ke lokasi wisata alam tersebut. Sedangkan akses jalannya relatif mudah.

Komunitas motor trail berlatih di sirkuit Tebing Lingga
Destinasi yang dirintis oleh Karang Taruna ini berbeda dengan lokasi wisata yang lain, beberapa keunikannya adalah yang berada di bawah kaki tebing Lingga yang memiliki ketinggian 360 meter. Di lokasi tersebut terdapat beberapa tradisional dan hammock yang bisa digunakan untuk berantai sambil menikmati alam di sekitarnya.

Udara di kawasan WTL cenderung masih bersih dan sejuk, karena jauh dari perkotaan dan dikelilingi oleh kawasan hutan. Di lembah tebing terdapat sirkuit tanah yang biasanya dimanfaatkan oleh pecinta otomotif untuk berlatih motor trail.

"Wisata ini masih rintisan, sehingga fasilitas yang ada di dalamnya belum kami eksporasi secara maksimal. Satu yang menarik di sini adalah ada aliran sungai yang di bawah tebing yang bisa digunakan untuk bermain anak-anak," kata Ketua Karang Taruna Desa Nglebo, Fals Yudhistira, Kamis (3/5/2018).

Keberadaan aliran sungai tersebut menjadi favorit anak-anak untuk bermain air sepuasnya. Menurutnya pemanfaatan sungai kecil tersebut sengaja dilakukan agar para pengunjung khususnya anak-anak bisa menyatu dengan alam.

"Anak-anak jangan hanya disuguhi dengan wisata gadget saja, sesekali bermain di sungai juga penting dan menarik. Selain itu sekaligus bisa menjadi nostalgia para orang tua yang dulu suka bermain di sungai," imbuh Fals.

Spot selfie yang instagramable 
Lebih lanjut Fals menjelaskan, selain sungai di lokasi tersebut jug terdapat spot selfie yng menarik dan instagramable, sehingga para pengunjing dapat berswafoto sepuasnya dengan latar belakang tebing Lingga.

"Meskipun masih berupa wisata rintisan kami sudah siapkan fasilitas penunjang berupa toilet, musala dan juga ada beberapa warung makan yang menyajikan kuliner lokal," ujar Fals.

Rencananya Karang Taruna setempat akan terus mengembangkan wisata alam itu dengan berbagai wahana yang menarik dan memacu adrenalin, salah satunya ATV serta panjat tebing.

"Kalau panjat tebing itu sebetulnya sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan memang di sini ini dulu dipakai untuk latihan panjat oleh Kopassus serta pecinta alam lainnya. Saat ini kami sedang buka aksesnya agar lebih mudah ke sana," jelasnya.

Pihaknya berharap dengan pengembangan Wisata Tebing Lingga, bisa menambah destinasi wisata andalan di Trenggalek dan mampu menggerakkan sektor perekonomian masyarakat yang ada di sekitarnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon