Tujuh Haktare Hutan Gunung Kebo Terbakar

Trenggalek - Kebakaran terjadi di hutan Gunung Kebo Trenggalek, akibatnya tujuh hektare kawasan hutan ludes terbakar. Sejumlah tim gabungan dari berbagai instansi kebencanaan berusaha melokasisir api dengan cara manual. 

Wakil Administratur Perhutani KSKPH Kediri Selatan, Andi Iswindarto, mengatakan kobaran si jago merah terjadi di sejak Senin siang di hutan petak 78 RPH/BKPH Trengalek. Kobaran api yang diduga dari kawasan pemajekan dengan cepat merembet masu ke kawasan hutan. 

"Kondisi hutan yang didominsi oleh ilalang kering serta kondisi angin yang cukup kencang membuat api dengan mudah menjalar," kata Andi Iswindarto, Senin (24/9/2-18). 

Puluhan personil gabungan dari Perhutani, Polisi, TNI, BPBD dan Satpol PP langsung diterjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan proses pemadaman dan melokalisir api. Sehingga tidak merembet ke perkampungan warga. 

Proses pemadaman hanya menggunakan ranting pohon dengan cara di pukulkan ke kobaran api, karena posisinya berada di atas perbukitan sehingga tidak mungkin dijankau mobil pemadan kebakaran. Selain itu petugas juga membuat sekat denga harapan api tidak merembet ke kawasan hutan yang lain. 

Andi menambahkan, meskipun hutan yang terbakar mencapai tujuh hektare namun kerugian yang ditimbulkan tidak terlalu besar, hanya mencapai Rp20 juta, karena sejumlah tegakan besar yang ada di atasnya tidak sampai mati. 

"Tegakan yang besar itu tidak banyak, seperti akasia, sengon dan jati. Sebetulnya untuk kawasan itu setahun lalu juga kami lakukan penanaman lumayan banyak, tapi ya itu, masih kecil mati karena kebakaran," jelasnya. 

Pihaknya mengimbau masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan untuk meningkatkan kewaspadaan, karena di musim kemarau ini sebagia besar hutan di Trenggalek rawan terjadi kebakaran. 

"Kalau melakukan membakar sampah di lingkungannya sendiri juga harus diawasi, jangan sampai dibiarkan dan merembet ke hutan. Kemudian juga jangan membuang puntung rokok sembarangan. Keletarian hutan adalah tugas kita bersama," jelas Andi. 

 foto : istimewa

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon