Ini Alokasi CPNS Trenggalek 2018

Trenggalek - Pemerintah pusat akhirnya membuka perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2018 setelah melakukan moratorium selama beberapa tahun terakhir. Namun kuota yang dialokasikan untuk setiap daerah tergolong kecil dibanding jumlah kekurangan pegawai, seperti halnya di Trenggalek. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Trenggalek, Pariyo, mengatakan selama penghentian pengadaan CPNS, jumlah kekurangan pegawai terus bertambah setiap tahun. Hingga tahun ini kekurangan pegawai mencapai 2.000 orang. 

"Pada pengadaan pegawai tahun ini kami mendapatkan kuota dari pemerintah pusat sebanyak 349 orang, sebetulnya yang kami usulkan ke pusat itu 550 orang," kata Pariyo, saat di Gedung DPRD Trenggalek, Senin (10/9/2018). 

Dari alokasi 349 lowongan CPNS, paling banyak untuk tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan serta infrastruktur. Seluruh kuota rekrutmen yang dialokasikan minimal untuk jenjang pendidikan Diploma 3, sedangkan untuk lulusan SMA/SMK belum mendapatkan alokasi tahun ini. 

"Penentuan alokasi CPNS ini kelihatannya mengacu pada jumlah PNS yang pensiun di masing-masing daerah, seperti di Trenggalek ini rata-rata setiap tahun ada 300-400 PNS yang purna tugas, makanya alokasi dari pemerintah juga hanya 349 lowongan," ujarnya. 

Pariyo menjelaskan, proses seleksi tenaga baru tersebut rencananya akan terintegrasi melalui portal resmi Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di www.sscn.bkn.go.id. Ia berharap, meskipun jumlah PNS yang akan direkrut jauh lebih kecil dari kebutuhan, tetap bisa menunjang kinerja pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan secara optimal. 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon