Keren, Trenggalek Satu-satunya Wakil Asia Ikuti Program Harvard

Trenggalek - Kabupaten Trenggalek terpilih sebagai satu-satunya daerah di Indonesia untuk mengikuti program inovasi dan tata kelola pemerintahan tingkat dunia yang digelar di News York, Amerika Serikat. 

Dalam program yang diselenggerakan oleh Bloomberg Harvard City Leadership Initiative tersebut, Trenggalek akan bergabung dengan berbagai kota ternama di seluruh belahan dunia, untuk mendapatkan pendampingan selama setahun penuh. 

Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak, daerahnya ditunjuk langsung oleh Universitas Harvard setelah dilakukan seleksi ketat dengan berbagai daerah lain. Dalam proses itu ia diminta untuk membuat esai dan pemaparan tentang konsep inovasi yang sudah maupun akan dilakukan. 

"Kebetulan itu terjadi saat saya melakukan cuti kampanye kemarin, seleksinya itu by invitation only, artinya yang diundang itu hasil penelusuran Bloomberg dan Universitas Harvard. Saya diminta untuk membuat esai itu dan Alhamdulillah diterima," ujarnya, Senin (16/7/2018).

Ia menilai kegiatan tersebut cukup spesial, karena dari 40 kota yang terpilih hanya Kabupaten Trenggalek yang berkesempatan untuk mewakili Indonesia, bahkan merupakan satu-satunya daerah dari kawasan Benua Asia. 

Suami Arumi Bachsin ini menambahkan, dalam program yang digagas Universitas Harvard dan perusahaan Bloomberg milik mantan Walikota New York, Michael Rubens Bloomberg itu mereka memilih daerah dan kepala daerahnya yang memiliki rumusan pola tata kelola pemerintahan maupun inovasi daerah secara global. 

"Melalui inisiatif ini, maka Harvard akan mendampingi selama setahun daerah-daerah untuk diupgrade oleh senior-seniornya dan dikolaborasikan dengan 40 daerah dari seluruh dunia yang terpilih," kata Emil. 

Pada tahap pertama, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih ini terbang langsung ke New York untuk mendapatkan pembekalan dari Universitas Harvard dan Bloomberg. Selanjutnya ia juga akan menunjuk dua pejabat di daerahnya untuk mengikuti program tersebut pada Agustus mendatang.

"Program sudah dimulai sejak 22 Mei lalu dan terus berlanjut. Selama program berjalan akan dilakukan kolaborasi melalui sistem IT mereka yang dinamakan Global Exchange," imbuhnya. 

Pihaknya berharap terpilihnya Trenggalek akan memberikan dampak positif terhadap program pengembangan, inovasi dan mampu menggenjot motivasi para aparatur pemerintah untuk bekerja secara maksimal dalam memajukan daerah. 

Foto : Humas Trenggalek 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon