Pasokan ditambah, Elpiji 3 Kilogram di Trenggalek Masih Langka

Trenggalek - PT Pertamina memastikan pasokan gas elpiji bersubsidi 3 kilogram ke Trenggalek berjalan lancar dan tidak mengalami kendala, bahkan saat ini telah dilakukan penambahan pasokan hingga 30.800 tabung. Meski demikian kondisi di lapangan masih terjadi kelangkaan sehingga mengakibatkan harga melambung diatas Rp20 ribu. 

Senior Sales Eksekutif Pertamina Ancala Egah, saat pertemuan di Polres Trenggalek mengatakan pada bulan ini pihaknya telah melakukan penambahan lebih dari 30 ribu tabung yang dialokasikan pada awal Mei dan tanggal 10 Mei lalu. 

"Kalau dari suplai kami tidak pernah ada pengurangan, bahkan bulan ini ada penambahan 30 ribu. Kemarin suplai dari bulan April ke Mei juga masih sama kurang lebih sekitar 490 ribu tabung," kata Ancala, Kamis (17/5/2018). 

Menurutnya, kejadian kelangkaan yang dirasakan oleh sejumlah warga Trenggalek saat ini dipengaruhi oleh tingginya permintaan konsumsi dari masyarakat, kondisi tersebut tergambar dalam angka pertumbungan komsumsi yang rata-rata 7 persen/tahun sedangkan pertumbuhan alokasi hanya berkisar 3 persen/tahun. 

"Nah untuk mengatasi gap ini kami berusaha untuk memperbaiki bagaimana penyalurannya elpiji tiga kilogram ini lebih tepat sasaran. Makanya kami selalu sosialisasi gunakanlah elpiji sesuai peruntukan," ujarnya. 

Pihaknya mengimbau masyarakat mampu untuk beralih dari elpiji subsidi ke elpiji nonsubsidi 5,5 kilogram maupun 12 kilogram. Kesadaran dari masyarakat tersebut sangat diperlukan sehingga bisa menjaga stabilitas dan penyaluran elpiji baik. 

Disinggung mengenai pengawasan penyaluran yang dilakukan Pertamina, Ancama memastikan terus melakukan pengawasan secra ketat, bahkan apabila ada agen yang diketahui melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi sesuai dengan kadar pelanggarannya. 

"Ada beberapa agen yang kami anggap penyalurannya tidak benar maka kami lakukan semacam tindakan (sanksi) supaya ada efek jera. tiga agen yang kami sanksi. Jadi kalaupun ada pengurangan karena (agen) kami berlakukan sanksi," imbuh Ancala. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon