Siswa SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek Juga Ikut Ujian Nasional

Trenggalek - Ujian nasional tidak hanya diikuti oleh siswa SMA reguler, namun para siswa berkebutuhan khusus mulai dari tuna rungu hingga tuna netra juga mengikuti ujian yang sama. 

Dengan serius para siswa Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Kemala Bhayangkari Trenggalek. mengerjakan satu demi satu pertanyaan yang ada dalam naskah Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Ujian dilakukan seperti layaknya sekolah pada umumnya. 

"Tahun ini ada lima siswa yang mengikuti ujian, terdiri dari tiga siswa tuna rungu, satu siswa tuna netra dan satu siswa tuna grahita. Khusus untuk tuna grahita adalah ujian sekolah," kata Kepala SMALB Kemala Bhayangkari I Trenggalek, Pardiono, Senin (9/4/2018).  

Dari lima siswa yang mengukuti ujian, satu peserta dari kelompok tuna netra harus dilakukan didampingi oleh seorang pengawas pendamping. Hal itu dilakukan untuk membantu yang bersangkutan menyalin jawaban  ke lembar jawaban komputer (LJK). 

Pardiono mengaku, meskipun para siswanya mengalami keterbatasan fisik, semangat mengikuti ujian nasional yang digelar serentak dengan sekolah lain. Mereka juga melakukan berbagai persiapan jauh-juah hari sebelum pelaksanaan ujian, dengan belajar secara intensif. 

"Alhamdulillah pelaksanaan hari ini berjalan dengan lancar, sebelumnya kami sempat khawatir kalau LJK untuk ujian anak tuna netra tidak ada, tapi ternyata ada. Kami juga khawatir kalau naskah anak awas (bisa melihat) tertukar dengan siswa tuna netra, semua tidak terjadi, sehingga lancar," jelas kepala SMALB ini. 

Proses ujian nasional ini seluruhnya menggunakan metode kertas dan pensil atau UNKP. Meski demikian, pihak sekolah mengaku telah memiliki fasilitas yang memadai untuk seluruh pelaksanaan ujian nasional. Bahkan apabila ke depan disyarakatkan harus meggunakan metoe ujian berbasis komputer (UNBK), pihaknya mengku siap untuk melaksanakan. 

"Sebetulnya, kalaupun tahun ini harus UNBK kami sudah siap, perangkat komputer siap, selain itu SDM di sekolah kami juga sudah siap. Hanya saja mungkin ada beberapa sekolah lain yang belum siap, sehinga sementara masih UNKP," jelas Pardiono. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon