Produksi Beras Trenggalek Surplus 57 Ribu Ton

Trenggalek - Dinas Pertanian dan Pangan Trenggalek mengklaim produksi beras di wilayahnya mengalami surplus hingga 57.005 ton atau 48,7 persen dari total ketersediaan beras sebanyak 117.266 ton. 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Trenggalek, Joko Surono mengatakan, hasil panen petani selama tahun 2017 dinilai masih cukup baik, meskipun sebagian diantaranya terserang hama. Sehingga mampu memasok kebutuhan beras masyarakat 60.260 ton. 

"Insya Allah sampai saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, karena kebiasaan masyarakat kita tidak langsung menjual seluruh hasil panennya, namun disimpan sebagaian dalam betuk padi, nanti kalau butuh baru digiling," katanya, Jumat (9/2/2018). 

Sedangkan untuk produksi padi petani di Trenggalek selama tahun 2017 tercatat sebanyak 187.226 ton, dari jumlah tersebut pihaknya masih mengalami surplus hingga 85.345 ton. 

"Lahan pertanian Trenggalek ini tersebar di seluruh kecamatan, dengan luas area pertanian mencapai 31.361 hektare. Dari jumlah tersebut wilayah terluas berada di Kecamatan Panggul, Munjungan serta Kecamatan Durenan," ujarnya. 

Untuk menunjang peningkatan produksi di tahun 2018, pihaknya mengimbau para petani untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan terutama terhadap potensi ancaman berbagai hama. 

"Untuk di musim basah seperti ini yang perlu diwaspadai adalah jamur, seperti potong leher atau pyricularia. Ini kalau tidak waspada dapat menganggu hasil panen," imbuhnya. 

Sedangkan pada saat musim kering, serangan hama yang perlu mendapat kewaspadaan ekstra adalah hama wereng serta penggerek batang. Untuk menanggulangi hal tersebut pihaknya mengoptimalkan tenaga penyuluh yang tersebar di hampir seluruh desa. 

"Jadi metode kami adalah spot stop, sehingga ketika terjadi serangan itu tidak meluas. Selain itu kami harapkan pola tanam petani baik, kemudian ketika terjadi serangan hama jagan menggunakan obat secara sembarangan, itu bisa berdampak buruk," imbuhnya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon