Hujan Lima Jam, Lima Desa di Trenggalek Terendam Banjir


Trenggalek - Hujan deras yang terjadi selama lebih dari lima jam menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Trenggalek mengalami banjir. Banjir sempat menggenangi ruas jalan nasional Trenggalek-Tulungagung. 

Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak, mengatakan, intensitas curah hujan yang terjadi hari ini relatif lebih tinggi dibanding hari sebelumnya, sehingga beberapa sungai dan sungai yang melintas di dalam kota meluap.

"Sampai saat ini hujan masih terus terjadi , kami minta seluruh masyarakat meningkatkan kewaspadaan, utamanya daerah-daerah yang saat ini mulai ada genangan," katanya, Senin (8/1/2018).

Menurutnya, sejumlah titik yang tergenang banjir adalah, ruas jalan nasional Trenggalek-Tulungagung di Desa Karangsoko, Sambirejo, Kelurahan Kelutan, Kelurahan Tamanan, Desa Ngares Kecamatan Trenggalek, Desa  Salamrejo serta Buluagung Kecamatan Karangan. 

Genangan air di wilayah Perkampungan antara 20 sentimeter hingga hampir satu meter. Di sejumlah ruas jalan nasional saat ini kondisinya telah berangsur surut. Namum untuk di beberapa kawasan perkampungan masih tergenang. 

"Pintu air Dawung sekarang sudah dibuka, sehingga diharapkan limpahan air biasa segera dibuang ke hilir dan banjir bisa surut," ujarnya. 

Terkait kondisi banjir tersebut, BPBD Trenggalek dan sejimlah tim SAR gabungan disiagakan guna mengantisipasi apabila sewaktu-waktu membutuhkan evakuasi warga. 

"Kalau memang kondisinya terus meninghi, kami harap warga kooperatif jika diminta untuk mengungsi, ini demi keselamatan bersama," ucapnya. 

Sementara itu, Komandan Koramil Karangan, Kapten Panut mengatakan, hingga saat ini bencana banjir yang menggenangi perkampungan di Desa Salamrejo masih belum surut, bahkan luapan air telah masuk ke rumah-rumah penduduk. 

"Di Salamrejo sudah ada 30 rumah yang mulai kemasukan air, ini anggota TNI dan unsur terkait terus melakukan pemantauan," ujarnya. 

Selain banjir, warga Trenggalek juga diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman bencana tanah longsor. Terlebih bagi warga yang rumahnya berada di wilayah pegunungan. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon