Bupati Emil Akui Ada Kesalahan Pemasangan Guiding Block Tunanetra

Trenggalek - Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak mengaku akan mengevaluasi pemasangan 'guiding block' trotoar bagi penyandang tunanetra yang mengarah pada pohon maupun tiang. 

Menurut Emil, terkait kesalahan pemasangan penunjuk arah penyandang tnanetra itu, pihaknya tidak akan menyalahkan instansi manapun, namun pihaknya akan lebih konsentrasi pada proses penataan ulang, sehingga bisa dimanfaatkan oleh difabel secara maksimal. 

"Ini adalah proses, dari sebelumnya tidak mengakomodir hal tersebut, sekarang menjadi mengakomodir. Jadi saya lebih fokus ke depannya supaya lebih bisa efektif, kami belajar dari kurang sempurnaan itu," katanya, Selasa (16/1/2018).

Menurutnya, pihaknya juga akan melakukan pendataan terhadap sejumlah fasilitas publik lain yang dinilai kurang ramah terhadap para penyandang disabilitas. Termasuk akses menuju kawasan alun-alun Trenggalek yang tidak bisa dimanfaatkan untuk jalur kursi roda. 

"Kami akui, Trenggalek ini masih amatir manakala bicara mengenai mengakomodir difabel dan kami ingin menjadi profesional. Ini adalah proses untuk melangkah lebih maju," imbuhnya.

Sebelumnya, pemasangan fasilitas guding block di trotoar di Jalan Ahmad Yani Trenggalek menjadi sorotan para penyandang disabilitas, khususnya tunanetra. Mengingat jalur khusus tersebut justru mengarah pada pohon serta tiang penyangga kabel telepon, sehingga membahayakan tunanetra.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon