Awas, Musim Hujan Ranjau Lubang Menghadang



Trenggalek - Tingginya intensitas hujan yang terjadi di wilayah Trenggalek mengakibatkan sejumlah ruas jalan nasional dan kabupaten mengalami kerusakan. Lubang di dengan diameter cukup besar tersebar di sejumlah titik sehingga membahayakan pengguna jalan. 

Kanit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satlantas Polres Trenggalek, Iptu Agustyo, mengatakan, sebaran lubang jalan tersebut terdapat di beberapa lokasi, seperti ruas jala nasional di wilayah Durenan serta Bendorejo, ruas jalan kabupaten di Kecamatan Gandusari, Karangan serta Kecamatan Tugu. 

"Informasi yang kami terima, kemarin itu dalam satu hari di depan SMA Durenan sudah dua kali terjadi kecelakaan akibat terkena jalan berlubang itu," katanya kepada detikcom, Kamis (25/1/2018). 

Menurutnya lubang jalan tersebut memiliki lebar dan kedalaman yang bervariasi. Kondisi tersebut mengancam keselamatan para pengguna jalan utamanya sepeda motor, karena ketika terperosok maka pengendara dipastikan akan oleng dan sulit untuk mengendalikan jalu kendaraan. 

Pihaknya mengimbau para pengguna jalan untuk meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati dengan kondisi jalan tersebut, terutama pada saat malam hari maupun ketika hujan deras. 

"Kalau malam itu dengan kondisi pencahayaan yang kurang terkadang tidak tahu kalau ada lubang. Demikian halnya pada saat hujan deras, biasanya lubang-lubang itu tertutup air, sehingga sulit dikenali," imbuhnya. 

Agus mengaku telah berkoordinasi dengan instansi terkait agar segera dilakukan proses perbaikan maupun penanganan, sehingga tidak mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. 

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Trenggalek Mohammad Sholeh membenarkan kondisi jalan berlubang tersebut, hal itu dipicu oleh tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di Trenggalek. 

Terkait kondisi tersebut, pihaknya mengklaim sudah mulai melakukan proses penanganan. Saat ini petugasnya melakukan proses inventarisir jalan yang mengalami kerusakan. Nantinya akan dilakukan perbaikan rutin, dengan cara ditambal. 

"Kami kan tangani melalui pernaikan rutin, tapi kalau sekarang tidak mungkin untuk dilakukan penambalan dengan aspal, karena akan mengelupas. Mungkin solusi sementara akan diurug," katanya. 

Menurutnya, salah satu ruas jalan yang akan segera dilakukan penanganan adalah ruas Kampak-Munjungan, petugasnya telah memberikan penadaan di sejumlah titik yang akan dilakukan perbaikan. 

"Sedangkan untuk Karangan-Nglongsor nanti akan dilakukan peningkatan jalan, beberapa titik juga akan kami tinggikan badan jalannya. Untuk ruas itu kalau tidak salah dianggarkan sekitar hampir Rp700 juta," imbuhnya. 

Dikatakan proses berbaikan di beberapa titik tidak bisa dilakukan dengan cepat karena harus melalui menakisme lelang, utamanya untuk peningkatan jalan. Namun pihaknya akan melakukan upaya untuk meminimalisir kecelakaan.  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon