Ultah Infanteri, TNI Jalan Kaki Beranting 201 KM

Trenggalek - Menjelang puncak peringatan Hari Juang Kartika (HUT Infanteri), TNI menggelar jalan kaki Peleton Beranting (Tonting) sejauh 201 kilometer mulai dari Kabupaten Ngawi hingga Kediri. 

Komandan Kodim 0806 Trenggalek, Letkol Inf Dodik Novianto, mengatakan, Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya 2017 tersebut merupakan tradisi rutin yang digelar oleh korpnya sebagai gambaran gerilya Jenderal Besar Soedirman pada saat pertempuran di Ambarawa. 

"Kegiatan ini dimulai 15 Desember dari Ngawi dan nanti berakhir tanggal 19 di Kediri, dengan melewati 10 etape. di Trenggalek sudah dilakukan serah terima peleton di dua lokasi, yaitu di Jambu Kecamatan Tugu dan wilayah Kecamatan Gandusari," katanya, Senin (18/12/2017). 

Menurutnya, serah terima peleton di Desa Jambu dilakukan dari Batalyon Infanteri Mekanis 521/Dadaha Yudha kepada peleton Yonif 511 guna melanjutkan perjalan ke etape berikutnya dengan jarak tempuh 24,6 kilometer. 

"Di Gandusari juga sudah dilakukan serah terima dari Yonif 511 kepada peleton Yonif 509 untuk estafet menuju Tulungagung," ujarnya. 

Yang menarik, dalam serah terima pasukan di etape Tugu Trenggalek, perwira yang didaulat menjadi pemimpin upacara adalah Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo. Hal ini sebagai simbolisasi keharmonisan antara TNI dan Polri. 

Dodik menjelaskan, dalam setiap etape, masing-masing peleton menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer. Masing-masing peleton harus menyelesaikan etape dengan waktu yang telah ditentukan. 

Aksi jalan kaki tersebut merupakan salah satu upaya TNI untuk meningkatkan kemampuan dan kedisiplinan pasukan, sehingga bisa menjadi prajurit yang kuat, tangguh dan trengginas. 

Ditambahkan, di masing-masing route yang dilewati, para peserta harus menempuh perjalanan dengan kontur jalan yang bermacam-macam. Selain itu, para pasukan juga harus siap dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah. 

"Estimasi waktu yang tepat adalah salah satu poin penting, karena menyangkut kekuatan prajurit. Meski demikian kami tetap mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan," kata Dodik. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon