Musim Libur Akhir Tahun, Basarnas Siaga di Pesisir Selatan

 Trenggalek - Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Trenggalek menyiagakan puluhan personil gabungan di sejumlah pantai di pesisir selatan. Pengamanan dilakukan seiring meningkatnya jumlah wisatawan yang datang. 

Kepala Pos Basarnas Trenggalek, Asnawi Suroso, mengatakan, dua lokasi yang menjadi fokus pengamanan saat ini adalah Kecamatan Watulimo dan Kecamatan Paggul. Dua kecamatan tersebut dinilai cukup rawan terjadi kecelakaan laut, karena menjadi pusat berkumpulnya wisatawan. 

"Untuk di Kecamatan Watulimo ini wisatawan yang datang mencapai ribuan, karena lokasinya wisatanya juga cukup banyak, mulai dari Pantai Prigi, Pantai Cengkrong, Pasir Putih, Bangkokan hinga rumah apung. Di sini kami menyiapkan satu unit kapal sea reader," katanya, Selasa (26/12/2017).

Sedangkan di Kecamatan Panggul, Basarnas menempatkan personilnya di Pantai Pelang, dengan dilengkapi kendaraan angkut, serta dua unit perahu karet. Selain anggota Basarnas, pengamanan ini juga didukung oleh potensi SAR lain, seperti kelompok masyarakat pegawas (Pokmaswas) serta Orari. 

"Kami akan melakukan pengamanan sampai dengan tanggal 1 Janurari 2018. Sedangkan untuk daerah lain yang ada di sekitarnya, seperti Pacitan, Tulungagung maupun Blitar kami dibantu oleh potensi SAR yang ada di sana," ujarnya. 

Pihaknya mengaku, tingkat kerawanan kecelakaan laut pada saat liburan lebih tinggi dibanding hari-hari biasana, karena jumlah pengunjung yang datang mengalami peningkatan tajam. 

Untuk meminimalisir risiko kecelakaan, pihaknya mengimbau para wisatawan yang datang untuk mematuhi seluruh aturan yang ada di lokasi wisata yang dikunjungi. Selain itu, setiap kelompok wisatawan diminta saling mengawasi antara satu dan lainnya. 

"Kalau memang ada larangan mandi di laut, maka jangan sampai mandi. Karena larangan itu dibuat memanh untuk menjaga keselamatan pengunjung, jadi ya jangan melanggar," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Asnawi menjelaskan, saat ini kondisi cuaca di kawasan pesisir selatan Trenggalek relatif cerah, selain itu gelombang laut juga tidak terlalu besar. 

"Untuk angin di pantai relatif kencang. Yang jelas tetap hati-hati saat di pantai, jaga selalu keselamatan diri dan teman yang ada di sekitarnya," imbaunya. 

Selain di pesisir pantai, rencananya tim Basarnas juga akan melakukan pengamanan di wilayah pendakian Gunung Lawu. Pengamanan tersebut akan dilakukan pada saat menjelang pergantian tahun 2017 ke 2018. 

"Nanti satu tim yang ada di Pantai Pelang akan kami geser ke Gunung Lawu, karena biasanya di sana akan terjadi peningkatan kunjungan saat pergantian tahun," katanya. 

Foto : doc Basarnas Trenggalek

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon