Razia Lalu Lintas Gabungan, Polisi Siapkan Sidang di Tempat


Trenggalek - Petugas gabungan di Trenggalek melakukan razia lalu lintas dalam operasi patuh semeru 2017, dalam operasi kali ini puluhaan warga yang terjaring lansung menjalani sidang ditempat. 

KBO Satlantas Polres Trenggalek, Iptu Suwanan, Kamis (18/5/2017) mengatakan razia lalu lintas gabungan ini dilakukan oleh Kepolisian Trenggalek, Dinas Perhubungan, Dinas Pendapatan Jawa Timur serta SUb Denpom TNI di Trenggalek. Selain itu polisi juga melibatkan langsung Kejaksaan serta Pengadilan Negeri Trenggalek. 

"Sasaran kami adalah seluruh kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, sedangkan yang diperiksa meliputi kelengkapan kendaraan, surat-surat, maupun uji kir, serta pajak. Untuk pajak akan diingatkan agar membayar," katanya. 

Menurutnya, dalam razia tersebut petugas menemukan puluhan pengendara mobil dan sepeda motor yang tidak memiliki sim maupun tidak membawa STNK. Sejumlah kendaraan angkutan juga ditemukan surat uji kir-nya telah mati. 

"Ini juga sekaligus antisipasi pelanggaran yang bisa menyebabkan kecelakaan, seperti rem, termasuk kelengkapan lampu. Apalagi sekarang kan banyak kejadian kecelakaan akibat rem blong," imbuhnya. 

Seluruh pelanggar langsung dilakukan tindakan penilangan oleh petugas Satuan Lalu Lintas serta Dinas Perhubungan Jawa Timur. Namun berbeda dengan razia biasanya, kini polisi juga telah bekerjasama dengan kejaksaan dan pegadilan guna dilakukan sidang di tempat. 

"Setelah mengikuti seluruh proses persidangan, para pelanggar diwajibkan untuk membayar denda sesuai dengan keputusan majelis hakim. Untuk yang tidak bawa uang bisa dibayar melalui ATM," imbuhnya. 

Dari pantauan detikcom, denda yang dikenakan majelis hakim kepada masing-masing pelanggar bervariasi antara 100 ribu hingga 500 ribu rupiah, tergantung jenis pelanggarannya. 

Suwanan berharap dengan gencarnya operasi Patuh Semeru 2017 ini, para pengguna lalu lintas bisa lebih tertib dan selalu mematuhi peraturan yang telah ditetapkan.  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon