MULAI H-5 LEBARAN, TRUK ANGKUTAN NON SEMBAKO DILARANG BEROPERASI

Trenggalek - Mulai H-5 lebaran Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur melarang seluruh jenis angkutan truk non sembako beroperasi di jalur-jalur utama utama mudik, guna meminimalisir terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalulintas.

Kapolres Trenggalek, AKBP I Made Agus Prasetya, melalui Kasubbag Humas Polres Trenggalek, Ipda Adit SUparno mengatakan, larangan operasional truk angkutan tersebut berlaku berlaku selama sembilan hari, hingga H+3 lebaran.

"Kebijakan ini merupakan hasil koordinasi Kapolres dan Kasatlantas Trenggalek dengan Kapolda Jawa Timur," katanya.

Menurutnya, pembatasan operasional ini tidak berlaku untuk truk yang mengangkut sembilan bahan pokok, seperti beras, sayur mayur maupun gula. Pengecualaian ini dilakukan karena bahan pokok tersebut merupakan kebutuhan primer untuk masyarakat.

Adit menjelaskan, dengan pemberlakukan larangan ini, diharapkan arus lalu lintas selama musim mudik lebaran bisa berjalan dengan lancar dan tidak timbul kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas. "Karena biasanya truk-truk besar, biasanya jalannya lamban, sehingga berpotensi menghambat arus kendaraan para pemudik," ujarnya.

Beberapa jalur utama mudik di Trenggalek yang diberlakukan kebijakan tersebut antara lain, jalur Trenggalek-Ponorogo, Trenggalek-Tulugangung, Treggalek-Pacitan, Trenggalek-Watulimo dan Trenggalek-Bendungan. "Termasuk juga untuk jalur yang menghubungkan Trenggalek dengan Kecamatan Kampak dan Munjungan," rincinya.

Juru bicara Polres Trenggalek ini mengaku, kepolisian akan melakukan pemantauan secara penuh, pada jalur-jalur utama mudik. Pihaknya mengancam akan menindak tegas kepada pengemudi truk yang nekat beroperasi selama arus mudik berlangsung.

Setiap truk yang melanggar akan dilakukan penilangan dan ditahan kendaraannya hingga batas waktu pelarangan diberlakukan. "Ini adalah kebijakan untuk kepentingan bersama, sehingga semua masyarakat harus menaati," pungkasnya.

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon