BAHAYAKAN JEMBATAN DARURAT, POLISI TINDAK KENDARAAN BERMUATAN LEBIH


Trenggalek - Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur menindak tegas sejumlah kendaraan yang nekat melintasi jembatan darurat antar kabupaten di Desa Nglongsor, Kecamatan Tugu, karena melebihi batas maksimal tonase yang diijinkan. 

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Trenggalek, AKP Heru Sujio Budi Santoso, Kamis 2/7 mengatakan, dari  razia tersebut pihaknya menjaring enam unit truk yang mengangkut berbagai jenis material, seperti batu, tanah liat maupun hasil tambang gaian C.

"Seluruh kendaraan yang terjaring razia langsung dilakukan penindakan dengan ditilang," katanya. 

Penertiban ini merupakan tindak lanjut dari hasil koordinasi antara Bupati Trenggalek dengan jajaran Kepolisian, guna mempersiapkan jalur mudik lebaran 2015. Menurutnya, selama ini, meskipun telah dipasang rambu peringatan batas berat maksimal kendaraan yang melintas, ternyata masih banyak ditemukan truk-truk bertonase besar yang nekat menerobos.

Lanjut Heru, pemasangan jembatan darurat tersebut sifatnya hanya sementara dan tidak layak digunakan untuk kendaraan dengan tonase besar atau lebih dari 6 Ton. Sehingga apabila tidak dilakukan penertiban, pihaknya khawatir akan berpengaruh terhadap konstruksi jembatan.

"Untuk itu kami akan terus melakukan pemantauan dan penindakan kepada kendaraan yang melanggar," ujarnya kepada sejumlah wartawan. 

Kata dia, untuk kendaraan yang bermuatan berat, seharusnya tidak melewati jembatan Nglongsor, namun harus memutar melalui jalur Kecamatan Karangan dan Suberingin. 

Sebelumnya, Bupati Trenggalek, Mulyadi Wiryono mengeluhkan banyaknya kendaraan berat yang melintasi jembatan utama yang menghubungkan antara Kabupaten Trenggalek dengan Kabuaten Ponorogo tersebut.  Orang nomor satu di Pemkab Trenggalek ini meminta pihak kepolisian menindak tegas seluruh kendaraan yang melanggar. 

Karena apabila dibiarkan jembatan besi yang dipasang Dinas Binamarga Provinsi Jawa Timur rawan putus dan akan menganggu arus mudik lebaran. "Kalau sampai putus lagi, yang susah adalah masyarakat, karena aksesnya harus memutar," katanya.



caption foto : Polisi menindak kendaraan yang melebihi tonase

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon