MUSIM KEMARAU, DEBIT AIR SUNGAI DI TRENGGALEK TURUN 80 PERSEN

KBR, Trenggalek - Musim kemarau yang berkepanjangan menyebabkan debit air di beberapa sungai besar di wilayah Trenggalek, Jawa Timur mengalami penurunan hingga 80 persen.

Sekretaris Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Trenggalek, Yoso Mihardi, Selasa mengatakan, penurunan debit air sungai tersebut terjadi hampir marata di seluruh kecamatan.

Di sungai Bagong Trenggalek, debit air yang semula mencapai 3,6 meter kubik per detik kini hanya tinggal 0,81 meter kubik per detik. Sementara itu di sungai Prambon saat ini kondisinya telah kering.

""Jadi dari sepuluh sungai yang terdata di dinas pengairan , hampir seluruhnya mengalami penurunan dan rata-rata tinggal 22 persen," katanya.

Sesuai dengan data di Dinas Binamarga Trenggalek, Penyusutan debit air mulai terjadi sejak awal Agustus yang lalu, atau bersamaan dengan datangnya musim kemarau.

Akibat kondisi ini sejumlah air sungai tidak dapat lagi dimanfaatkan untuk irigasi pertaian. (Adhar muttaqin)
Powered by Telkomsel BlackBerry®


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon