KPU TRENGGALEK KERAHKAN 300 TENAGA UNTUK LIPAT SURAT SUARA

Trenggalek, 4/3 - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengerahkan 300 tenaga kerja untuk proses pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014.

Sekretaris KPU Trenggalek, Wiratno, Selasa mengatakan, ratusan personil tersebut dibagi menjadi 10 kelompok dengan pengawasan ketat dari pihak sekretariat KPU maupun dari pihak kepolisian.

"Jadi mereka ini tidak sembarangan kerjanya, semuanya kami awasi, sehingga hasil pekerjaannya nanti sesuai dengan yang diharapkan," katanya. 

Menurutnya, proses pelipatan surat suara tersebut direncanakan bakal selesai dalam kurun waktu tujuh hari kedepan atau hingga tanggal 12 Maret. Namun tidak menutup kemungkinan sebelum tanggal tersebut kegiatan itu rampung dikerjakan.

"Misalkan selesai lebih awal ya tidak apa-apa, yang jelas kami sudah mengalokasikan waktu yang cukup," katanya.

Dijelaskan, jumlah surat suara yang harus diselesaikan oleh 300 pekerja tersebut mencapai 2.282.516 lembar yang terdiri dari empat jenis, yakni surat suara DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten.

Masing-masing tingkatan berjumlah 570.529 lembar, atau sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Trenggalek 550.440 jiwa, ditambah dengan dua persen surat suara cadangan.

"Untuk yang hari pertama ini, kami melakukan pelipatan terhadap surat suara untuk calon anggota DPD," imbuhnya.

Wiratno menambahkan, selain melipat, seluruh tenaga kerja juga wajib mengamati apabila terdapat kerusakan pada kertas suara, baik berupa sobek, berlubang maupun yang lain.

"Yang rusak ini nanti akan kami jadikan satu dan tidak dibagikan ke masing-masing TPS. Namun untuk hari ini sementara masih sedikit yang rusak, hanya ada beberapa yang sobek," pungkasnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon