TERINDIKASI FLU BURUNG, DINAS PETERNAKAN TRENGGALEK PERIKSA SAMPEL BURUNG PUYUH

TERINDIKASI FLU BURUNG, DINAS PETERNAKAN TRENGGALEK PERIKSA SAMPEL BURUNG PUYUH

Trenggalek, 10/2 - Dinas Peternakan kabupaten Trenggalek, Jawa Timur melakukan sampel burung puyuh yang mati mendadak di sejumlah peternakan guna memastikan jenis virus yang menyerang. 

Kepala Pusat kesehatan Hewan, Puskeswan Trenggalek, Budi Satriawan mengatakan, 20 ekor sampel bangkai puyuh tersebut bakal diperiksakan di Laboratorium Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur di Malang. 

Kata dia hasil pemeriksaan tersebut bisa langsung dikehatahui besok pagi. 

"Untuk memperkuat diagnosa, penyakitnya itu sebetulnya apa, flu burung atau penyakit lain. Hari ini kami ambil sampel sebanyak 20 ekor. Kemudian kami kirim ke Laboratorium Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur. Untuk sementara mengarah ke flu burung jenis H5N1," kata Budi Satriawan. 

Budi menambahkan, dari pemeriksaan awal yang dilakukan dinas peternakan, kematian ribuan burung puyuh di Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek tersebut akibat terserang virus flu burung, jenis H5N1. Hal ini terlihat dari kematian yang terjadi secara mendadak dan sporadis. 

Sementara itu untuk mencegah peenyebaran penyakit tersebut, dinas peternakan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di sejumlaah peternakan. 

Sebelumnya, ribuan burung puyuh di Trenggalek ditemukan mati mendadak sejak sepekan terakhir. Akibat peristiwa ini beberapa peternak gulung tikar. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon