Pemkab Trenggalek Pastikan Bangunan Kafe Di Tanah Aset Ilegal

Trenggalek, 25/11 - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur memastikan, bangunan kafe dan karaoke yang berdiri di tanah aset pemerintah di Kecamatan Watulimo adalah ilegal.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Trenggalek, Said Maksum, Senin mengatakan, pihaknya tidak pernah menyewakan maupun memberikan ijin penggunaan tanah aset itu kepada pihak pengelola tempat hiburan.

"Selain itu kami juga sudah sepakat dengan pihak KPPM (kantor perijinan dan penanaman modal) agar tidak mengeluarkan ijin mendirikan bangunan (IMB), karena itu tanah pemkab," Katanya.

Pihaknya mengakui, berdirinya sejumlah kafe dan karaoke di Desa Tasikmadu berpotensi menimbulkan konflik, karena menduduki tanah yang bukan haknya.

Selain itu, tempat hiburan tersebut tidak memberikan kontribusi pendapatan ke pemerintah daerah.

Said menambahkan, terkiat mulai menjamurnya bangunan liar tersebut, Pemkab Trenggalek telah melakukan koordinasi dengan jajaran satuan kerja terkait, termasuk Satpol PP serta pemerintah kecamatan dan desa.

"Kalau masalah penertiban, kami tidak memiliki wewenang, yang berwenang adalah Satpol PP," imbuhnya.

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Trenggalek, Mugianto meminta Satpol PP untuk bertindak tegas terhadap peroalan tersebut, karena apabila dibiarkan akan berpotensi menimbulkan konflik antara pemerintah dengan masyarakat.

"Sekarang masih sedikit, tapi kalau ini dibiarkan maka bangunan liar akan terus tumbuh, ketika sudah banyak pasti akan menimbulkan masalah," ujarnya.

Politisi Partai Demokrat ini berpendapat, penyelesaikan bangunan kafe dan karaoke liar tersebut lebih baik segera diselesaikan secepatnya.

"Lebih baik pemerintah bertindak tegas, karena ini masalah serius, apalagi tanah yang digunakan berada di JLS (jalur lintas selatan)," ujar pria yang akrab disapa Obeng ini.

Saat ini bangunan kafe dan karaoke banyak berdiri tanah aset milik Pemkab Trenggalek di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo.

Bangunan tersebut rata-rata memiliki konstruksi permanen. Bahkan salah satu kafe dibangun bertingkat.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon