Sungai Rejowinangun Tercemar limbah Tapioka

Trenggalek, 13/10 - Sejumlah warga di Desa Rejowinangun Kecamatan/Kabupaten Trenggalek mengeluhkan pencemaran sungai didesanya akibat pembuangan limbah industri tepung tapioka.

Salah satu warga, Sutri, Minggu mengatakan akibat limbah tapioka tersebut air sungai menimbulkan berbau yang tidak sedap. Selain itu dasar sungai menjadi keruh dan bercampur dengan cairan berwarna putih.

"Ikan-ikan di sini juga banyak yang mati, padahal dulu, sebelum ada pembuangan limbah tepung ketela itu ikannya banyak sekali," katanya.

Dijelaskan, pembuangan limbah dari sejumlah industri kecil ke aliran sungai tersebut terjadi sejak lama. Rata-rata sisa pengolahan tapioka dialirkan melalui pipa yang terpendam dalam tanah.

"Pada saat terjadi pembuangan, cairan yang dialirkan itu cukup banyak dan berwarna putih. Dan itu menimbulkan bau yang tidak sedap," ujarnya.

Sutri menambahkan, sebagian warga yang ada di sekitar aliran sungai mengeluhkan pencemaran tersebut, namun ia mengaku tidak berani melayangkan protes kepada para pemilik usaha itu.

"Kami ini hanya rakyat kecil, sehingga tidak berani untuk protes-protes seperti itu, tapi disisi lain kami harus menanggung dampaknya," keluh Sutri.

Menurutnya sampai saat ini tidak belum ada tindakan dari pemerintah setempat terkait pencemaran sungai tersebut.

Pihaknya berharap, pihak yang berwenang segera turun tangan dan melakukan pembinaan terhadap pengusaha tapioka agar lebih peduli lingkungan dan tidak membuang limbah secara sembarangan.

"Kami khawatir apabila tidak segera ditangai akan menimbulkan dampak yang lebih parah, karena informasinya limbah tapioka itu juga mengandung beberapa zat kimia yang berbahaya," pungkasnya.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon