POLISI SELIDIKI PENYELEWENGAN PEMBANGUNAN DAM TRENGGALEK

Trenggalek,25/9 - Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur tengah mengumpulkan data dan keterangan terkait dugaan penyelewengan pembangunan DAM Dawuhan senilai Rp550 juta.

Kasubbag Humas Polres Trenggalek, AKP Siti Munawaroh mengatakan, Tim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) mulai turun tangan dengan mengumpulkan data serta keterangan sejumlah pihak yang terkait pembangunan dam tersebut.
"Informasi yang kami terima, paket proyek DAM tersebut oleh ULP (unit layanan pengadaan) telah dinyatakan gagal tender," katanya.

Namun, paket pekerjaan pascabencana tersebut tiba-tiba dikerjakan oleh salah satu kontraktor asal Blitar. Sehingga kami patut mencurigai ada yang tidak beres.
Siti menambahkan, apabila bukti-bukkti serta keterangan dilapangan mengarah pada tindak pidana korupsi, penyidik akan segera meningkatkan kasusnya menjadi penyelidikan maupun penyidikan.

Proyek yang berada di bawah kewengan Dinas Pekerjaan Umum Binamarga dan Pengairan Kabupaten Trenggalek tersebut hingga kini tetap dikerjakan oleh rekanan yang diklaim memenangkan lelang.
"Informasinya, rekan-rekan tipikor telah memintai keterangan dari ULP maupun dinas pekerjaan umum," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PUBMP Kabupaten Trenggalek, Yoso Mihardi mengaku tidak mengetahui adanya dugaan penyimpangan tersebut.

Menurutnya, dinasnya menyerahkan seluruh proses lelang kepada unit layanan pengadaan, sehingga pihaknya tinggal melaksanakan hasil tender tersebut.

"Kami tinggal menerima siapa yang memenangkan lelang proyek tersebut, selanjutnya ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur," katanya.

Sementara itu, Kabag Pembangunan Sekretariat Daerah Trenggalek, yang menangani ULP, Umbar Pramadi mengaku, proyek DAM itu telah melalui proses lelang dan sesuai dengan ketentuan yang berlalu.
Terkait keterangan di website LPSE Trenggalek yang menyatakan paket pekerjaan itu gagal tender, hanya kesalahan pencantuman.

"Itu ada kesalahan pencantuman keterangan saja, yang jelas proyek itu sudah ditenderkan dan ada pemenangnya," tandasnya.

Powered by Telkomsel BlackBerry®










Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon