PEMKAB GELONTORKAN RATUSAN JUTA DANA HIBAH UNTUK KESENIAN DAN OLAHRAGA

Trenggalek, 28/8 - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur menggelontorkan dana hibah ratusan juta rupiah ke 104 pelaku seni serta olahragawan lokal.

Bupati Trenggalek, Mulyadi Wr, Rabu mengatakan, bantuan dana tersebut sebesar Rp383 juta, dengan rincian Rp273,5 juta untuk 65 pelaku dan pegiat kesenian tradisional serta Rp109,5 juta dialokasikan untuk 39 atlet maupun organisasi olahraga.

"Ini adalah bagian dari perhatian pemerintah terhadap perkembangan seni dan olahraga di Trenggalek, semoga menjadi penyemangat sekaligus bisa dimanfaatkan untuk melengkapi sarana dan prasarana yang belum ada," katanya.

Menurutnya, keberadaan kesenian serta olahraga di wilayahnya masih perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah. Kata dia, tanpa campur tangan pihak ketiga keduanya sulit untuk berkembang.

Dijelaskan, sebuah daerah akan lebih dikenal apabila kesenian tradisional dan olahraganya mengalami perkembangan. Sehingga bisa menjadi identitas daerah.

Mulyadi menambahkan, kucuran anggaran hibah yang disalurkan melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretaris Daerah Trenggalek ini telah melalui proses penyaringan ketat serta sesuai dengan asas keadilan, kepatutaan, rasionalitas dan manfaat.

"Kami tidak asal memberi, karena harapannya organisasi maupun orang yang mendapatkan bantuan benar-benar memiliki kepedulian dan semangat untuk mengembangkan olagraga maupun seni yang dibidangi," ujarnya.

Bupati juga mengingatkan kepada ketua dan sekretaris organisasi penerima dana hibah tersebut untuk mengawal penggunaannya agar sesuai dengan rencana program yang ada serta dimanfaatkan untuk kepentingan olahraga maupun kesenian.

Lebih lanjut orang nomor satu di Pemkab Trenggalek ini menjelaskan, tujuan lain dari program tersebut yakni untuk memperkuat dan meningkatkan kiprah organisasi tersebut di masyarakat sehingga mampu untuk menangkal atau mereduksi pengaruh negatif masuknya dari budaya asing.

"Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini membawa dampak baik sekaligus dampak buruk. Kegiatan seni dan olahraga inilah salah satu cara untuk memfilter dampak negatifnya," papar Mulyadi.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon